Home Editor's Picks Desa Argo Mulyo Wakili Bintang Ara Dalam Lomba BUMDes Tingkat Kabupaten

Desa Argo Mulyo Wakili Bintang Ara Dalam Lomba BUMDes Tingkat Kabupaten

by tabalong hari ini
0 comment

Tim penilai lomba Badan Usaha Milik Desa tingkat kabupaten Tabalong turun ke lapangan menilai BUMDes Maju Mapan Mulyo Desa Argo Mulyo Kecamatan Bintang Ara. Penilaian dilakukan pada Selasa, 14 Maret 2023.

Sebanyak 5 orang tim penilai yang terdiri dari tenaga ahli program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) Kabupaten Tabalong dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong melakukan penilaian BUMDes Maju Mapan Mulyo.

Penilaian sendiri meliputi berbagai indikator, mulai dari indikator administrasi, dokumen pembentukan BUMDes, inovasi BUMDes, hingga omset BUMDes.

Kepala DPMD Kabupaten Tabalong, Erwan Mardhani, mengatakan, “Dengan dipilihnya Desa Argo Mulyo untuk mewakili Kecamatan Bintang Ara dalam lomba BUMDes di tingkat kabupaten, maka diharapkan BUMDes ini dapat dijadikan contoh pengelolaan BUMDes yang baik bagi desa lainnya.

“Harapan kami agar Desa Argo Mulyo ini menjadi percontohan dengan desa-desa yang lain. Jadi kalau Argo Mulyo ini jadi juara, jadi tentu menjadi percontohan bagi desa-desa lain,” ungkap Erwan Mardhani, Kepala DPMD Kabupaten Tabalong.

Sementara itu, Camat Bintang Ara, Mulyadi, berharap melalui hasil evaluasi dan pembinaan dalam penilaian ini akan dijadikan tolak ukur sejauh mana perkembangan BUMDes yang ada di Bintang Ara.

“Apapun nanti hasilnya tetap mengacu pada keputusan tim, namun kita tidak terlalu banyak berharap ya, cuma kita berharap sekedar pembinaan aja, pembinaan dari tim mungkin disitu kita bisa mengevaluasi sampai dimana pengelolaan BUMDes khususnya di Argo Mulyo ini, segala kekurangan-kekurangan itu mungkin nanti diberikan saran masuk oleh tim penilai,” kata Mulyadi, Camat Bintang Ara.

Baca Juga  Pemkab Tabalong Harap Aparat Desa/Kelurahan Jadi Garda Terdepan Tingkatkan Kesadaran Administrasi Kependudukan

Mulyadi menambahkan, terpilihnya BUMDes Desa Argo Mulyo untuk mewakili Kecamatan Bintang Ara dilatarbelakangi dari hasil penilaian tingkat kecamatan, yang mana dari hasil tersebut BUMDes ini dinilai aktif dan disiplin administrasi.

Dari penilaian lomba BUMDes di tingkat kabupaten tersebut, nantinya akan dipilih satu BUMDes terbaik yang mana BUMDes terbaik tersebut nantinya akan mewakili Kabupaten Tabalong dalam lomba BUMDes di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment