Home Tabalong Hari Ini Upaya Kendalikan Penyakit Karet, Disbunnak Tabalong Latih 15 Poktan

Upaya Kendalikan Penyakit Karet, Disbunnak Tabalong Latih 15 Poktan

by Muhammad Rais
0 comment

Sebagai upaya untuk mengendalikan penyakit pada tanaman karet, Disbunnak Tabalong memberikan pelatihan kepada belasan kelompok tani. Pelatihan diberikan agar kelompok tani mampu mengidentifikasi penyakit yang menyerang tanaman mereka, sehingga tindakan selanjutnya dapat lebih efektif.

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tabalong memberikan pelatihan pengendalian tanaman karet kepada 15 kelompok tani pada tahun 2023. Melalui pelatihan ini, Disbunnak memberikan informasi mengenai berbagai penyakit tanaman karet serta cara mengidentifikasi penyebabnya di lapangan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Disbunnak Tabalong, Zulverzi Akhmad, yang diwawancarai pada Kamis, 21 September 2023, di ruang kerjanya, berharap bahwa dengan adanya pelatihan ini, para petani dapat mengidentifikasi penyakit yang menyerang tanaman karet mereka, sehingga tindakan selanjutnya dapat lebih efektif.

Mengingat produksi karet Tabalong saat ini turun drastis akibat serangan penyakit gugur daun yang hampir menyerang seluruh tanaman karet.

Meskipun demikian menurutnya petani juga perlu mengetahui dua penyakit lainnya, yaitu jamur akar putih dan kering alur sadap.

“Dengan pengetahuan itu, mereka akan mengetahui bagaimana cara pengendaliannya yang tepat. Memang tidak semua kelompok bisa terjangkau oleh program ini karena adanya keterbatasan dana. Tapi harapan kita adalah mereka bisa menularkan ilmu tersebut ke kelompok-kelompok lain.” ujar Zulverzi Akhmad, Kabid Pengendalian & Penanggulangan Disbunnak Tabalong,

Baca Juga  DPRD Tabalong Usulkan 3 Nama Calon PJ Bupati Tabalong

Zulverzi menjelaskan bahwa pelatihan pengendalian tanaman karet bagi 15 kelompok tani ini menggunakan APBD induk 2023.

Meski demikian, Disbunnak Tabalong membuka seluas-luasnya, apabila ada kelompok tani yang secara swadaya mengundang pihaknya memberikan pelatihan.

Selain program pelatihan, Disbunnak Tabalong juga membuka peluang untuk peminjaman alat, beserta obat pengendalian penyakit karet. Bagi kelompok tani yang berminat dapat menghubungi BPP terdekat di wilayahnya masing-masing.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

You Might Be Interested In
Baca Juga  Produksi Perikanan Tabalong Capai 19 Ribu Ton, Perikanan Budidaya Mendominasi

Related Articles

Leave a Comment