Home Tabalong Hari Ini Tinjau Lokasi Ambruknya Bangunan Pasar Tanjung, Ini Penjelasan Bupati Anang…

Tinjau Lokasi Ambruknya Bangunan Pasar Tanjung, Ini Penjelasan Bupati Anang…

by Muhammad Rais
0 comment

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani bersama jajaran terkait, meninjau langsung lokasi bangunan Blok C Pasar Tanjung yang runtuh akibat angin kencang yang terjadi pada Selasa tadi.

Didampingi sejumlah Kepala SKPD terkait, Bupati Anang meninjau langsung lokasi reruntuhan bagian bangunan Blok C di Pasar Tanjung pada Rabu, 1 November 2023.

Disela tinjauan, Anang mengungkapkan bahwa musibah ini terjadi murni karena kondisi alam, yaitu angin kencang yang terjadi pada siang Selasa, 31 Oktober 2023 tadi.

Bahkan menurutnya, fenomena alam ini tidak hanya berdampak pada ambruknya dinding atas bangunan Blok C Pasar Tanjung, namun juga merusak sejumlah rumah warga, panggung, tenda-tenda bazzar di lokasi MTQ Kecamatan Murung Pudak, hingga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Dengan adanya kejadian ini, Bupati Anang menegaskan akan segera melakukan perbaikan bangunan yang terdampak melalui dana biaya tak terduga.

“Ini akan kita perbaiki dengan dana biaya tak terduga, walaupun berbarengan dengan pengecekan dari PUPR Provinsi. Nah, apakah nanti dari tim ini merekomendasikan mengembalikan seperti semula dengan pasangan batu bata, tapi saya yang bukan orang teknis menyarankan seperti ini, spandek ya, jadi ada angin ada lobang ya, kalau terjadi angin yang deras ya dia tidak berlawanan, termasuk rumah-rumah penduduk. Saya tadi sudah minta dengan Kepala Dinas Sosial supaya dibantu, ada yang atapnya roboh dan sebagainya,” kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  DKPPTPH Ajak Petani Tabalong Daftarkan Hak Paten Varietas Unggulan

Bupati Anang menambahkan bahwa untuk korban yang tertimpa reruntuhan bangunan, juga akan dibantu masing-masing sebesar 10 juta rupiah untuk korban luka ringan dan 30 juta rupiah untuk korban yang cukup parah, serta ditambah dengan layanan serta fasilitas terbaik yang ada di rumah sakit.

Diketahui, berdasarkan data peringatan dini cuaca Kalimantan Selatan yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika pada Selasa, 31 Oktober 2023, hampir seluruh wilayah Kabupaten Tabalong masuk dalam wilayah yang terjadi hujan lebat disertai angin kencang pada pukul 15.10 WITA.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment