Home Tabalong Hari Ini Pelatihan Petani Milenial Tahun 2023

Pelatihan Petani Milenial Tahun 2023

by Muhammad Rais
0 comment

Sektor pertanian patut dilirik sebagai sumber bisnis bagi kaum muda. Untuk menumbuhkan bisnis pertanian di kalangan kaum muda, Asosiasi Petani Milenial Tabalong bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura Tabalong memberikan pelatihan petani milenial bagi kaum muda.

Asosiasi Petani Milenial Tabalong bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura Tabalong menggelar pelatihan petani milenial tahun 2023. Pelatihan digelar selama 3 hari dari 25 hingga 27 Agustus dengan metode Agrikultur Training Camp, yang dipusatkan di Riam Bidadari, Desa Lumbang, Kecamatan Muara Uya.

Pada hari pertama, peserta dikenalkan dengan alat dan mesin pertanian yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah dan memaksimalkan pekerjaan. Pada hari kedua, peserta diberikan materi terkait pembuatan pupuk organik dan kunjungan lapangan.

Sementara pada hari ketiga, peserta diberikan materi seperti integrated farming, smart farming, pembuatan arang sekam, hingga public speaking. Melalui pelatihan ini, anak muda diharapkan dapat menjadikan sektor pertanian sebagai sumber pendapatan.

“Temen-temen adek-adek generasi muda ini harus siap sebagai estafet di bidang pertanian karena yang tua ini sudah beda. Kami berharap anak muda sanggup menerima estafet dan meneruskan perjuangan petani. Jadikanlah pertanian sebagai pilihan dan lahan berbisnis,” ujar Suparman, Sekretaris DKPPTPH Tabalong.

“Tentunya kami dari bappeda insyaa allah akan terus mendukung kegiatan-kegiatan ini baik dari sisi perencanaannya maupun penganggarannya,” kata M. Noor Rifani, Kepala Bappedalitbang Tabalong.

Baca Juga  Tingkatkan Bidang Pertanian, Dewan Harap Milenial Terlibat

Para peserta mengaku senang mendapat kesempatan untuk mendulang ilmu melalui pelatihan kali ini. Pasalnya, selain dari para narasumber, para peserta ini juga saling membagikan pengalaman mereka dalam menjalankan pertanian.

“Petani milenial ini, alhamdulillah, kita bisa memperbanyak pengalaman dan menambah wawasan. Dan menambah teman-teman petani milenial. Pesannya, semoga banyak lagi petani milenial lainnya,” ujar M. Jumadi, peserta.

“Di sini kita bisa saling belajar satu sama lain dan berbagi pengalaman. Harapan kedepannya, semoga lebih baik dari pada ini dan lebih sukses. Kita kembangkan dan terus berlanjut,” kata Sariati Wulandari, peserta.

Pelatihan petani milenial ini diisi narasumber lokal yang berkompeten di bidangnya. Seperti Dwi Cahyono yang terpilih sebagai Young Ambassador Kementerian Pertanian tahun 2023, serta sejumlah petani berprestasi lainnya baik di tingkat provinsi maupun nasional hingga mancanegara.

(TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment