Bumdes Maju Jaya Padang Panjang Masuk Tahap Penilaian Tingkat Provinsi

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Tim penilai provinsi Kalimantan Selatan melakukan penilaian paa badan usaha milik desa maju jaya, desa padang panjang, kecamatan tanta, untuk lomba bumdes terbaik se Kalsel pada 11 Maret 2022. Penilaian dilakukan di taman wisata laburan, karena unit usaha ini jadi sumber pendapatan terbesar bumdes maju jaya, yang mencapai hampir 700 juta.

Terdapat dua indikator utama penilaian bumdes yang di lakukan tim penilai. Pertama pelaksanaan sistem keorganisasian bumdes, dan yang kedua peran aktif bumdes dalam membuat kemandirian desa. Sejauh ini bumdes maju jaya telah menyerap puluhan tenaga asli desa yang turiut berperan aktif dalam menggerakan 4 bidang usaha bumdes maju jaya.

Staf ahli bidang hukum, politik dan pemerintahan Tabalong, Syaiful Ikhwan berharap, penilaian hari ini  mampu memberikan motivasi positif kepada bumdes maju jaya. Terutama dari koreksi dan arahan tim penilai.

 “kita ketahui bersama penilaian perlombaan badan usaha milik desa tentunya memiliki makna memberi motivasi bagi badan usaha milik desa di kalimantam selatan khususnya di kabupaten tabalong untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam membenahi kinerja badan usaha milik desa sekaligus dalam memberi kontribusi terhadap anggaran pendapatan dan belanja desa atau APBDES.” Kata Syaiful Ikhwan, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tabalong, Erwan mardani mengapresiasi perjuangan bumdes maju jaya yang dapat kembali mewakili tabalong sebagai bumdes terbaik. Dirinya berharap hasil dari tim penilai provinsi kalsel mampu mengantarkan bumdes maju jaya bertengger di peringkat atas, dan melaju ke tingkat nasional.

Kami berharap bumdes maju jaya ini sesuai harapan ketua bumdes tadi, bisa masuk ke tingkat nasional nah tentu ini harapan kota bersama. Letaknya sangat strategis disini dan ini menjadi lintasan 3 provinsi, provinsi kalsel, kalimantan timur dan kalimantan tengah nah apalagi dengan pindahnya ibu kota negara ke kalimantam timur kami kira kedepan prospeknya akan semakin bagus.” Kata Erwan Mardhani, Kepala DPMD Tabalong.

Erwan mengaku bangga dengan perkembangan Bumdes Maju Jaya Desa Padang Panjang yang terus konsisten mengembangkan usaha Desa. Terlebih saat ini bumdes maju jaya menjadi sorotan kementerian desa terkait prestasi Desa di sektor wisata. (Gazali Rahman).

Related Articles

Leave a Comment