Home Tabalong Hari Ini Rakor Evaluasi Pelaksanaan PUG di Kabupaten Tabalong

Rakor Evaluasi Pelaksanaan PUG di Kabupaten Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong melaksanakan Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender atau PUG di Kabupaten Tabalong. Rakor digelar guna menyamakan persepsi dalam pengisian program kerja yang mendukung penilaian Anugerah Parahita Eka Praya.

Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender atau PUG digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A2KB) Tabalong pada Senin, 25 September 2023, di Gedung Informasi Tanjung.

Rapat koordinasi dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Tabalong, Hamidah Munawarah, dan turut dihadiri oleh Ketua Pokja PUG Muhammad Noor Rifani, Wakapolres Tabalong, Kompol Taufik Arifin, serta seluruh stakeholder lintas sektor.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tabalong, Rusmadi, menuturkan bahwa rakor digelar untuk menyamakan persepsi guna memenuhi tujuh indikator penilaian Anugerah Parahita Eka Praya yang berkaitan dengan pengarusutamaan gender.

7 indikator tersebut meliputi komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumberdaya, data terpilah, alat analisis, serta partisipasi masyarakat.

“Kami mengharapkan tentunya mengarahkan sesuai dengan juga tadi yang diarahkan oleh Ibu Sekretaris Daerah bahwa seluruh SKPD atau stakeholder yang ada, baik instansi dinas ataupun instansi vertikal, agar memberikan data dari ketujuh indikator tadi sesuai dengan kisi-kisi tadi dengan lengkap sehingga kita benar-benar mendapatkan penilaian yang maksimal,” kata Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Rusmadi mengaku optimis bahwa Tabalong dapat menghasilkan penilaian yang maksimal dalam Anugerah Parahita Eka Praya. Hal ini karena upaya ini terus didukung melalui komitmen yang telah dibangun lintas sektor, serta upaya meningkatkan penilaian dengan memenuhi setiap arahan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia.

Baca Juga  DAMKAR TABALONG Siap Layani Masyarakat 1x24 Jam Selama Libur Lebaran

Diketahui, penilaian Anugerah Parahita Eka Praya (APE) dilaksanakan pemerintah pusat setiap dua tahun sekali. Di tahun sebelumnya, Kabupaten Tabalong berhasil meraih Anugerah Parahita Eka Praya kategori Madya.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment