Home Editor's Picks Raih Adipura Ke-4, Bupati Anang: Terima Kasih Petugas Prasarana dan Sarana Umum

Raih Adipura Ke-4, Bupati Anang: Terima Kasih Petugas Prasarana dan Sarana Umum

by tabalong hari ini
0 comment

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, apresiasi peran berbagai pihak dalam menciptakan kebersihan dan keindahan Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong. Pasalnya, berkat peran tersebut, membuat Tabalong berhasil meraih penghargaan Piala Adipura 2022 kategori kota kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani saat menjadi pembina apel gabungan perangkat daerah lingkungan Pemkab Tabalong pada 6 Maret 2023 di Pendopo Bersinar Pembataan. Ia mengungkapkan penghargaan Piala Adipura yang diraih Kabupaten Tabalong sendiri merupakan Adipura ke-empat, yang merupakan hasil kerja keras bersama berbagai instansi terkait, petugas lapangan, serta partisipasi masyarakat.

Bupati Anang menjelaskan, terdapat dua indikator penilaian dalam penghargaan Piala Adipura, yaitu indikator kondisi fisik lingkungan perkotaan dan indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non fisik), dengan syarat daerah minimal memiliki jalan strategis daerah atau kebijakan strategis daerah tentang pengelolaan kebersihan dan keindahan kota, memiliki tempat pembuangan akhir sampah atau TPA yang ditentukan, serta memiliki tingkat kinerja pengelolaan sampah yang baik.

Selain dari syarat Adipura tersebut, hal yang paling penting baginya adalah support dari PPSU atau petugas prasarana dan sarana umum yang bekerja dengan sangat baik, sehingga menciptakan Kota Tanjung yang bersih, teduh, dan memiliki tingkat kenyamanan yang baik.

“Dulu disebut pasukan kuning petugas kebersihan, saya rubah 3 tahun yang lalu PPSU petugas prasarana dan sarana umum jumlahnya 500. Jam 6 setengah 6 mereka sudah bekerja, kita baru shalat subuh, oleh sebab itu pertama yang saya ingin ucapkan selamat dan terima kasih adalah kepada bapak ibu petugas prasarana dan sarana umum,” kata Bupati Anang.

Baca Juga  BPBD Tabalong : Waspada Bencana Akibat Angin Kencang Disertai Hujan Deras

Bupati Anang menambahkan, atas keberhasilan Adipura yang diraih Kabupaten Tabalong, dirinya juga akan memberikan insentif tambahan kepada petugas PPSU yang telah berjuang, yaitu sebesar satu bulan gaji untuk PPSU lama dan 50% untuk PPSU baru yang dibayar menjelang Lebaran mendatang.

Selain itu, Pemkab Tabalong bersama sejumlah pihak swasta turut memberikan reward umrah bagi 5 orang PPSU, yaitu 3 orang PPSU dari Tengah, 1 orang PPSU Selatan, dan 1 orang PPSU Utara.

Gazali Rahman, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment