Home Tabalong Hari IniPertanian & Perkebunan Kontingen PENAS KTNA 2023 Diharap Implementasikan Hasil Kegiatan di Tabalong

Kontingen PENAS KTNA 2023 Diharap Implementasikan Hasil Kegiatan di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Puluhan insan pertanian Tabalong akan mengikuti Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) ke-16 tahun 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat. Mereka pun diharapkan mengimplementasikan hasil kegiatan tersebut untuk kemajuan pertanian di Kabupaten Tabalong.

Kontingen Kabupaten Tabalong yang mengikuti PENAS KTNA ke-16 tahun 2023 dilepas oleh Bupati Tabalong beserta jajarannya pada Rabu, 7 Juni 2023, di lobby Kantor Bupati Tabalong, Tanjung.

Kontingen ini terdiri dari 23 peserta dan 6 pendamping. Tujuh orang di antaranya merupakan peserta utama yang dibayai oleh Pemprov Kalsel, satu orang alumni magang Jepang atau Ikamaja, dua orang penyuluh pertanian lapangan, serta 13 orang rekan-rekan KTNA, petani milenial, dan pelaku usaha berprestasi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tabalong, Fahrul Raji, yang ditemui usai pelepasan berharap para insan pertanian ini nantinya mengimplementasikan hasil kegiatan PENAS KTNA di Kabupaten Tabalong.

β€œNah ini bisa memanfaatkan momen itu supaya nanti ada hal baru berkaitan dengan modernisasi teknologi, itu bisa ditularkan ke Kabupaten Tabalong. Dan mudah-mudahan itu nanti hasilnya bisa memberi manfaat bagi petani dan masyarakat Kabupaten Tabalong,” ujar Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Di ajang PENAS KTNA ke-16 yang digelar mulai tanggal 10 sampai 15 Juni 2023, kontingen Tabalong sendiri akan mengikuti 2 kegiatan, yaitu lomba asah terampil dan lomba temu karya.

Baca Juga  Festival Ramadan ke-II Kambitin Diikuti Ratusan Peserta

Untuk lomba temu karya, kontingen Tabalong akan menyajikan inovasi pertanian yang diberi nama PETRIK, singkatan dari Perangkat Emposan Tikus Elektrik. Inovasi ini berfungsi mengendalikan hama tikus di area persawahan dan lahan pertanian.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment