Home Tabalong Hari Ini 13 Puskesmas di Tabalong Raih Akreditasi Paripurna dari Kemenkes RRI

13 Puskesmas di Tabalong Raih Akreditasi Paripurna dari Kemenkes RRI

by Muhammad Rais
0 comment

Guna meningkatkan kualitas pelayanan, seluruh Puskesmas di Tabalong melakukan akreditasi belum lama tadi. Dari hasil akreditasi, 13 di antaranya meraih hasil penilaian tertinggi atau akreditasi paripurna.

Akreditasi 18 Puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan setabalong dilakukan dalam rentang waktu Oktober 2023 hingga Januari 2024. Dari seluruh Puskesmas yang ada, 13 di antaranya meraih akreditasi paripurna seperti Puskesmas Mabuun, Kelua, Muara Harus, Tanjung, Banua Lawas, Pugaan, Mungkur Agung, Murung Pudak, Muara Uya, Hikun, Panaan, Tanta, dan Puskesmas Wirang.

Adapun penetapan akreditasi paripurna berdasarkan berbagai aspek penilaian, mulai dari kepemimpinan dan manajemen Puskesmas, penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat yang berorientasi pada upaya promotif dan preventif, program prioritas nasional, peningkatan mutu Puskesmas, hingga sarana dan prasarana Puskesmas.

Saat ditemui pada Selasa, 30 Januari 2024, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Hamrani, mengatakan bahwa akreditasi paripurna yang telah diraih merupakan pencapaian luar biasa. Sebelumnya, akreditasi Puskesmas di Tabalong masih berstatus dasar, madya, dan utama.

“Ini adalah kerja keras semua pimpinan Puskesmas beserta staf untuk menyiapkan tim yang bekerjasama yang baik. Jadi, semua yang ada disitu semua penting, tidak ada yang tidak penting. Jadi, saling bekerjasama sehingga menghasilkan akreditasi yang paripurna. Itu adalah untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan keselamatan pasiennya juga, mutu pelayanan, sehingga masyarakat itu dapat ditangani dengan baik, cepat dan tepat, seperti itu,” ujar Hamrani.

Baca Juga  Anang Yakini Sistem Bapak Asuh untuk Cabang Olahraga Mampu Tingkatkan Prestasi

Hamrani berharap dengan tercapainya akreditasi paripurna atau penilaian tertinggi di sejumlah Puskesmas ini akan berbanding lurus dengan kualitas pelayanan kesehatan yang semakin baik. Selain 13 Puskesmas tersebut, berdasarkan data Dinkes Tabalong, terdapat 5 Puskesmas lain yang telah mendapat akreditasi seperti Puskesmas Ribang, Haruai, dan Jaro meraih akreditasi utama. Puskesmas Upau meraih akreditasi madya, sedangkan Puskesmas Bintang Ara yang terakhir melakukan akreditasi saat ini tengah menunggu hasil akreditasi.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment