Home Tabalong Hari IniEkonomi Mei 2023, Inflasi Kota Tanjung Turun, Pasar Murah Jadi Faktor

Mei 2023, Inflasi Kota Tanjung Turun, Pasar Murah Jadi Faktor

by tabalong hari ini
0 comment

Pada bulan Mei 2023, Kota Tanjung Tabalong mengalami inflasi year on year sebesar 3,64 persen. Angka ini menurun 1,06 persen dibanding bulan April lalu.

Diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada bulan Mei 2023, Kota Tanjung mengalami inflasi year on year (Y-ON-Y) sebesar 3,64 persen, atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 112,87 pada Mei 2022 menjadi 116,98 pada Mei 2023.

Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, seperti beras, tarif air minum PAM, bensin, rokok kretek filter, tarif kendaraan travel, emas perhiasan, angkutan antar kota, mie kering instan, telur ayam ras, dan solar.

Sedangkan komoditas yang menahan laju inflasi diantaranya minyak goreng, daging ayam ras, cabai rawit, bawang merah, ikan layang atau ikan benggol, cabai merah, ikan baung, kacang panjang, daster, dan ikan patin.

Meski terjadi inflasi, namun angka ini menurun 1,06 persen dibanding bulan April lalu, dengan inflasi sebesar 4,70 persen.

Ketua Tim Statistik Harga BPS Tabalong, Dessy Perdana, menuturkan adanya intervensi dari pemerintah daerah dan provinsi baik berupa pasar murah hingga subsidi sejumlah bahan pokok menjadi salah satu faktor penurunan angka inflasi di bulan Mei 2023.

“Sangat mempengaruhi, karena dengan adanya pasar murah, permintaan di pasar jadi menurun, jadi masyarakat yang biasanya banyak ke pasar belanja, dengan adanya pasar murah kan mereka sudah tercukupi kebutuhannya, jadi permintaan ke pasar pun akan semakin sedikit, jadi bisa menahan harga untuk tidak naik,” ujar Dessy Perdana, Ketua Tim Statistik Harga BPS Tabalong.

Baca Juga  Dewan Dukung Upaya Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Tanjung Kota

Dessy berharap inflasi di Kota Tanjung dapat terus terkendali sehingga harga kebutuhan masyarakat tidak terlalu meningkat. Selain itu, dengan inflasi yang terkendali, masyarakat menjadi tidak dibebani dengan kebutuhan, tetapi pedagang pun tidak dirugikan dengan harga kebutuhan yang turun.

Diketahui, berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri terkait kondisi inflasi provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia pada bulan Mei 2023, Kabupaten Tabalong tercatat kembali masuk dalam 10 kabupaten dengan inflasi terendah se-Indonesia.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment