Home Tabalong Hari Ini Antisipasi Dampak El-Nino, Warga Masingai Gelar Syukuran Hasil Panen Padi

Antisipasi Dampak El-Nino, Warga Masingai Gelar Syukuran Hasil Panen Padi

by Muhammad Rais
0 comment

Syukuran Wiwitan Panen Raya dan Tanam Padi kembali digelar warga Masingai 2, Kecamatan Upau, pada 12 September 2023. Syukuran Wiwitan digelar di sawah Bilulang Kelompok Tani Rukun Tani Sentosa.

Syukuran Wiwitan ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong, Hamida Munawwarah, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong, Syarifah Syifa Anang Syakhfiani.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Gerakan Nasional Antisipasi Dampak El Nino, yang mana saat ini tengah melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Sekretaris Daerah Tabalong, Hamida Munawwarah, mengapresiasi Kelompok Tani Rukun Tani Sentosa yang berhasil panen dua kali dalam setahun. Disamping itu, Hamida mengatakan hal ini patut disyukuri, pasalnya beberapa daerah saat ini terdapat tanaman padi yang rusak, sehingga melalui Wiwitan ini dapat membawa keberkahan hasil panen warga.

“Jadi kita patut bersyukur, mudah-mudahan hari ini acara syukuran kita membawa keberkahan, dan kami dengar tadi juga bahwa panen di sini sudah sampai 2 kali dalam setahun itu patut kita syukuri, kalau di daerah-daerah lain, kami kira seperti di gambut, kebetulan kami punya sawah di gambut, itu cuma setahun sekali saja, nah ini sudah 2 kali, dan kita sangat bersyukur sekali,” kata Hamida Munawwarah, Sekda Tabalong.

Syukuran Wiwitan ditandai dengan pembacaan doa oleh tokoh setempat, dengan menghidangkan beragam olahan warga Masingai 2.

Selain panen, juga digelar langsung tanam padi oleh jajaran pemerintah dan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Rukun Tani Sentosa.

Baca Juga  Relawan Gabungan Tabalong Dukung Penerangan di Haul ke-19 Guru Sekumpul

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment