Home Tabalong Hari IniPertanian & Perkebunan 5 Poktan Bakal Terima Bantuan 75 Juta Rupiah Melalui Program P2L

5 Poktan Bakal Terima Bantuan 75 Juta Rupiah Melalui Program P2L

by Muhammad Rais
0 comment

Sebagai upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong untuk mendukung Program Pekarangan Pangan Lestari atau P2L, Pemkab Tabalong akan memberikan bantuan dana bagi 5 Kelompok Tani.

Melalui Dana Alokasi Khusus Non-Fisik tahun 2023, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Tabalong akan memberikan bantuan dana masing-masing sebesar 75 juta rupiah untuk 5 Kelompok Tani.

Kelompok Tani tersebut adalah Kelompok Tani Gunung Batuah Desa Santuun dan Kelompok Tani Maluput Desa Lumbang Kecamatan Muara Uya, Kelompok Tani Suka Maju Desa Karangan Putih Kecamatan Kelua, Kelompok Wanita Tani Anggrek Desa Garunggung Kecamatan Tanjung, serta Kelompok Tani Moro Seneng Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak.

Bantuan tersebut nantinya akan dikelola oleh Kelompok Tani penerima yang dialokasikan untuk pembangunan rumah benih, pembelian alat pompa maupun gembor, pembelian bibit benih, hingga sarana produksi.

Diwawancarai usai membuka acara sosialisasi Pekarangan Pangan Lestari di Desa Maburai pada Rabu, 16 Agustus 2023, Kepala DKPPTPH Tabalong Fahrul Raji, berharap agar pemanfaatan pekarangan rumah untuk penanaman hortikultura tidak hanya dilakukan oleh para Kelompok Tani penerima bantuan saja, namun juga seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Tabalong.

“Kami berharap masyarakat Tabalong marilah kita memanfaatkan pekarangan kita dengan menanam dengan lombok, lalu tomat, yang terong. Nah ini supaya mudah-mudahan bisa mengurangi beban biaya kita.” ujar Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Kab. Tabalong.

Baca Juga  Uji Kepatutan & Kelayakan Calon Dewan Pengawas LPPL Kab. Tabalong

Program Pekarangan Pangan Lestari atau P2L terus digencarkan oleh DKPPTPH Kabupaten Tabalong. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk menekan beban biaya sehari-hari, namun juga sebagai langkah dalam menekan angka inflasi di Kabupaten Tabalong.

(Maria Ulfah/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment