Home Tabalong Hari Ini Tambahkan Dana Pribadi Rp. 9 juta, Kini Penerima Program BSPS Ini Dapat Tinggal di Rumah yang Layak

Tambahkan Dana Pribadi Rp. 9 juta, Kini Penerima Program BSPS Ini Dapat Tinggal di Rumah yang Layak

by Muhammad Rais
0 comment

Salah satu penerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang berada di Desa Tanta mengaku senang dan bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah. Pasalnya, bantuan ini dinilai sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah yang mereka miliki.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu penerima bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Tanta, yakni Nur Fatimah. Ia merupakan salah satu dari 100 penerima bantuan BSPS tahap pertama, yang dilaksanakan pada triwulan satu hingga triwulan dua, dari dana APBD tahun anggaran 2023.

Nur Fatimah mengaku sebelum mendapatkan bantuan, rumah yang ia miliki sering mengalami kebocoran atap, serta sering terdampak banjir akibat bangunan rumah yang sangat rendah. Namun setelah diperbaiki, keluhan yang ia rasakan sebelumnya sudah tidak pernah terjadi lagi. Untuk memaksimalkan peningkatan kualitas rumah yang ia miliki, Nur Fatimah juga menambahkan anggaran sebesar kurang lebih 9 juta rupiah untuk menambah material dan juga upah tukang.

“Alhamdulillah sangat terbantu, ampih rumah kami kaya jabuk kaitu lantainya, dari segi tawing, atap bocor, alhamdulillah sangat terbantu sekali.” ujar Nur Fatimah, penerima bantuan BSPS.

Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman Disperkim Tabalong, Dody Arief, mengatakan bantuan BSPS tahap pertama telah rampung pada triwulan kedua tahun anggaran 2023. Dari 100 penerima bantuan ini, para penerima memiliki kesadaran yang tinggi untuk ikut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas rumah yang mereka miliki, baik untuk penambahan anggaran untuk lantai, dinding, maupun atap.

Baca Juga  Wisata Riam Bidadari Kian Menawan

“Dengan kesadarannya, alhamdulillah ini masyarakat atau warga yang menambah anggaran untuk pembangunan di masing-masing rumah. Ada yang menambah sesuai keperluan sesuai dengan kepentingannya masing-masing, ada yang menambah untuk atap atau dinding maupun lantai, dan biaya upah tukang pun mereka juga menambah.” ujar Dody Arief, Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman Disperkim Tabalong

Bantuan 100 unit rumah BSPS tahap pertama menyasar ke sejumlah wilayah kumuh yang ada di Kabupaten Tabalong, seperti wilayah Kecamatan Banua Lawas, Kecamatan Pugaan, Kecamatan Kelua, dan juga Kecamatan Tanta.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment