Home Editor's Picks Haul Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari Kembali Digelar Secara Terbuka

Haul Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari Kembali Digelar Secara Terbuka

by tabalong hari ini
0 comment

Ribuan umat muslim terpantau memadati kawasan Komplek Makam Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari, di Desa Binturu, Kecamatan Kelua, pada sore hari Jumat 11 Februari 2022. Kedatangan umat muslim dari berbagai penjuru daerah ini, untuk menghadiri acara haul ulama pengarang Kitab Ad Durun Nafis tersebut.

Acara haul dimulai ba’da Isya dengan dipimpin Kiyai Haji Asmuni atau Guru Danau, dan ceramah agama diisi oleh Habib Nizar Alaydrus dari Tanggul, Jember, Jawa Timur. Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, turut menghadiri haul bersama dengan Wakil Bupati Tabalong, Kapolres Tabalong, Dandim 1008 Tabalong, dan Kepala Kementerian Agama Tabalong.

Dalam sambutannya, Bupati Anang mengaku, bersyukur acara Haul Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari kembali digelar secara terbuka dan besar-besaran. Pasalnya dalam dua tahun terakhir dilaksanakan secara terbatas karena pandemi covid-19. Ia mengatakan, hal ini penanda kehidupan berangsur normal kembali.

Bupati Anang juga menilai, acara haul yang digelar setiap tahun ini menunjukkan, keyakinan umat muslim untuk menghargai wali-wali Allah. Bukan hanya umat muslim yang berdomisili di Tabalong, khususnya Binturu, namun seluruh umat muslim yang hadir dari berbagai daerah.

“Setiap ceramah, dalam setiap pengajian, abah guru kita dan guru-guru yang lain selalu mengajarkan kepada kita bagaimana adab dan etika kita menghargai wali-wali allah, termasuk Syekh Muhammad Nafis ini. Nah oleh sebab itu, keyakinan ini menjadi teguh bagi kita sehingga setiap tahun kita melaksanakan haulan seperti ini,” ucapnya.

Baca Juga  13 Oktober 2023, Harga 2 Bapokting Naik di 2 Pasar Besar

Pada kesempatan ini, Bupati Anang mengapresiasi, masyarakat Binturu dan sekitarnya yang telah menginisasi acara Haul Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari, sementara Pemerintah Kabupaten Tabalong hanya memfasilitasi dan mendukung dari belakang.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment