Home Editor's Picks MUI Tabalong Gelar Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

MUI Tabalong Gelar Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

by tabalong hari ini
0 comment

Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tabalong, memberikan pelatihan penyelenggaraan jenazah, pada 29 dan 30 Oktober 2022. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, diikuti peserta dari perwakilan masing-masing kecamatan, yang berjumlah 36 peserta laki-laki dan 36 peserta perempuan.

Melalui kegiatan ini, para peserta diajarkan tata-cara mengurus jenazah, mulai dari memandikan hingga mengafani jenazah. Kegiatan ini dimentori pelatih yang sudah berpengalaman dalam penyelenggaraan jenazah.

Narasumber pelatihan, Hajjah Nor Ainah Arlian, mengapresiasi antusiasme para peserta yang mengikuti penyelenggaraan jenazah ini. Melalui kegiatan ini Ia menekankan para peserta untuk mampu mengurus jenazah dalam segala situasi.

“Alhamdulillah peserta sangat antusias, mereka menyambut baik keitu nah, bagaimana caranya kita memandikan, bagaimana caranya kita menghadapi orang kematian, banyak pertanyaan yang menyinggung, bu misalnya ada yang berdiri pang bu, nah jar kami itu tidak ada, itu hanya ditakut takuti, karena kita menekankan bahwa itu kita menyelenggarakan fardu kifayah, jangan ada takut, jangan ada bermacam macam alasan, apalagi sudah dapat sertifikat ini” ungkapnya.

Ketua Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga MUI Tabalong, Zuniatul Hasanah mengharapkan, setelah kegiatan ini para peserta dapat terjun ke masyarakat dan mempraktekkan ilmu yang telah didapatkan.

“Dari kami Majelis Ulama Indonesia, setelah adanya pelatihan ini, diharapkan mereka bisa suatu saat terjun ke masyarakat, dan mempraktikkan langsung ilmu yang didapat dari pelatihan ini, jadi setelah adanya pelatihan ini, akan tersebar luas tentang pengetahuan mengenai bagaimana memandikan jenazah, kemudian bagaimana mengafani jenazah itu akan tersebar luas di masyarakat Tabalong,” harapnya.

Baca Juga  Konser Tri Suaka Berlangsung Meriah

Sebelum melaksanakan praktek, para peserta juga diajarkan cara membuat pakaian bagi jenazah dari kain kafan, mulai dari tutup kepala, hingga kaki. Para peserta terbagi ke dalam beberapa kelompok, yang kemudian melaksanakan praktek penyelenggaraan jenazah yang sudah disampaikan oleh narasumber.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment