Home Editor's Picks Simulasi Sistem Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) Pengamanan Pemilu 2024

Simulasi Sistem Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) Pengamanan Pemilu 2024

by Muhammad Rais
0 comment

Sejumlah massa bentrok saat proses Pemilu berlangsung. Aksi juga dilanjutkan dengan unjuk rasa besar-besaran oleh oknum hingga berujung rusuh. Aksi kekerasan tersebut merupakan bagian dari Simulasi Sistem Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) yang digelar Polres Tabalong dalam kesiapsiagaan menghadapi berbagai kondisi saat penyelenggaraan Pemilu tahun 2024.

Beginilah kondisi simulasi yang digelar dalam mempersiapkan petugasnya menghadapi kemungkinan bentrok dan kerusuhan saat pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Simulasi Sistem Pengamanan Kota ini digelar Polres Tabalong bersama Kodim 1008 Tanjung dan pihak terkait lainnya di halaman Pendopo Bersinar Pembataan pada 17 Oktober 2023.

SISPAMKOTA dilakukan dengan mensimulasikan adanya pengawalan kampanye dari Polres Tabalong, pemungutan suara, pengantaran suara hingga simulasi bentrokan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Tidak cukup sampai di sini, simulasi dilanjutkan dengan aksi kerusuhan serta unjuk rasa secara besar-besaran oleh oknum hingga berujung rusuh. Seluruh kerusuhan diamankan dengan baik oleh jajaran Polres Tabalong dengan melakukan pemecahan unjuk rasa dan melerai massa dengan menggunakan peralatan lengkap yang dimiliki Polres Tabalong.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani yang menyaksikan SISPAMKOT ini mengapresiasi kesiapan petugas gabungan dalam pengamanan Pemilu 2024. Ia pun optimis pelaksanaan Pemilu di Tabalong berjalan lancar dan aman.

“Dari simulasi tadi, saya merasa optimis bahwa pihak pengamanan sudah siap untuk pengamanan pemilu legislatif. Tinggal bagaimana seluruh elemen masyarakat memberikan dukungan, termasuk partai politik, para pemilih, dan lain sebagainya, sehingga pemilu legislatif dan pilpres di Tabalong tahun 2024 tidak hanya jujur, adil, dan demokratis, tetapi aman dan nyaman,” kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Realisasi Penyelesaian Batas Desa di Tabalong

Bupati Anang menilai simulasi ini membuat Polres Tabalong selangkah lebih maju dalam mengantisipasi adanya kerusuhan dalam tahapan Pemilu 2024. Dirinya turut berterimakasih pada Polres Tabalong, TNI, dan semua unsur terkait yang berkontribusi dalam menciptakan Pemilu jujur, adil, demokratis, serta aman dan nyaman.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment