17 Calon Petugas Haji 2023 Ikut Tes CAT Tingkat Kabupaten Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Kementerian Agama Kabupaten Tabalong menggelar seleksi kompetensi calon petugas haji Tahun 2023 tahap 1 tingkat Kabupaten, Kota pada Rabu 25 januari 2023 . Tes digelar secara online menggunakan smartphone.

Sebanyak 17 peserta mengikuti seleksi tahap pertama calon petugas pembimbing haji, kloter, serta petugas non kloter haji Tahun 2023 di Aula Kantor Kemenag Tabalong.

Tes ini digelar secara online selama 90 menit dengan sistem computer assisted test atau CAT, yang mana aplikasi CAT tersebut sebelumnya telah di instal di smartphone masing-masing peserta.

Terdapat sejumlah penilaian dalam seleksi ini, seperti pengetahuan soal nilai-nilai kebangsaan, moderasi beragama, regulasi per hajian, manasik haji serta tugas dan fungsi masing-masing petugas haji.

Saat ditemui usai pelaksanaan tes, Kepala Seksi Penyelenggara Haji Kemenag Tabalong, Husni Thamrin mengatakan, melalui sejumlah tahapan tes yang transparan ini diharapkan nantinya akan menjaring para petugas yang berkualitas.

“Ya kita berharap mudah-mudahan dengan seleksi ini akan terjaring petugas yang berkualitas. Petugas yang melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan petugas yang mampu mendampingi jamaah, sehingga jamaah kita nanti dapat melaksanakan ibadah haji yang baik dan benar, dan mendapatkan haji yang mabrur,” katanya.

Husni Thamrin menambahkan, para peserta dengan nilai tertinggi di tingkat kabupaten ini, nantinya akan kembali mengikuti seleksi cat dan praktek di tingkat provinsi.

Secara keseluruhan terdapat 7 petugas yang dicari, dimana 5 orang untuk tingkat provinsi yang akan bertugas mengisi bidang transportasi, konsumsi, akomodasi, serta pembimbing dan petugas siskohat atau sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu di Arab Saudi, sedangkan 2 orang lainnya merupakan petugas haji ditingkat Kabupaten Tabalong yang bertugas jadi pembimbing jamaah dan petugas pimpinan kloter jamaah haji.

Maria Ulfah, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment