Home Tabalong Hari Ini PT Adaro Indonesia Menggandeng IPB Untuk Membekali Para Santri Ponpes Al Islam Kambitin Dalam Membudidayakan Ternak Kambing

PT Adaro Indonesia Menggandeng IPB Untuk Membekali Para Santri Ponpes Al Islam Kambitin Dalam Membudidayakan Ternak Kambing

by Muhammad Rais
0 comment

PT Adaro Indonesia, menggandeng Institut Pertanian Bogor, dalam pendampingan dan transfer teknologi kepada para santri di Pondok Pesantren Al Islam Kambitin.

Para santri Pondok Pesantren Al Islam Kambitin mendapatkan pembekalan budidaya ternak kambing dari dosen Institut Pertanian Bogor pada 26 Oktober 2023. Pembekalan ini merupakan pengembangan wirausaha santri yang diberikan oleh PT Adaro Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan santri dan Pondok Pesantren.

Kali ini para santri dibekali ilmu pembuatan pakan ternak yang dapat disimpan dalam waktu lama, berupa pakan ternak yang difermentasi. Dosen IPB, Bramada Winiar Putra, sebagai pemateri, juga membawa langsung beberapa mahasiswa untuk melaksanakan praktik lapangan selama beberapa bulan. Pembuatan pakan fermentasi ini bertujuan agar di musim kemarau atau pada kondisi kekurangan pakan, peternak masih memiliki stok pakan.

Melalui pembekalan ini, para santri kelas 12 diajarkan langsung dalam membuat pakan fermentasi secara sederhana, tanpa menggunakan bahan tambahan lain, sehingga relatif murah, terjangkau, mudah, dan dapat diadopsi oleh para santri.

“Jadi pakan ternak ini kita buat pertama untuk menyimpan sehingga pada musim kemarau kekurangan pakan ini bisa digunakan, lalu menyederhanakan senyawa-senyawa kompleks sehingga lebih mudah dicerna oleh ternak, dan kemudian menurunkan bahkan menghilangkan kandungan racun dari tanaman, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi oleh ternak.” ujar Bramada Winiar Putra, Dosen Ahli IPB Komoditas Peternakan.

Baca Juga  Dandim 1008 Tabalong Sambut Baik Peningkatan Kuantitas Program TMMD 2024

Para santri juga diajarkan untuk memeriksa ternak harian, di mana para santri diajarkan disiplin mengontrol kondisi ternak. Dirancang oleh Adaro untuk membangun SOP harian para santri, sehingga secara teratur para santri mengenal cara memelihara ternak dalam hari per hari.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment