Home Tabalong Hari Ini Olahraga Muay Thai Semakin Diminati

Olahraga Muay Thai Semakin Diminati

by Muhammad Rais
0 comment

Sejak dibentuk awal tahun 2020 lalu, olahraga Muay Thai di Tabalong cukup diminati sejumlah kalangan. Meski tergolong ekstrim, namun olahraga yang berasal dari Negeri Gajah Putih ini pun cocok untuk pemula.

Beginilah saat sejumlah atlet yang tergabung dalam Komunitas Muay Thai Indonesia Tabalong tengah mengikuti latihan fisik di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, belum lama tadi.

Nampak para atlet melakukan beragam latihan ringan, mulai dari pemanasan, lari, shadow box, drills boxing, daya tahan, kecepatan, dan kelenturan.

Ketua Umum Muay Thai Tabalong, Fahrul, menjelaskan bahwa olahraga beladiri Muay Thai berasal dari negara Thailand yang lebih dikenal dengan Thai Boxing. Menurutnya, Muay Thai merupakan olahraga beladiri ekstrim yang cukup menguras tenaga, sehingga memerlukan kesiapan tubuh yang optimal.

Meski tergolong ekstrim, namun Muay Thai Tabalong tetap membuka peluang bagi para pemula yang berminat bergabung.

“Untuk pemula bisa kita latihannya dari dasar dulu, dari basic dulu, dari langkah, langkah dia maju, langkah dia mundur, cara dia berdiri, cara dia bertahan blocking itu dulu mungkin yang kita terapkan, setelah itu baru kita terapkan bagaimana dia memukul dengan lurus dan seterusnya,” ujar Fahrul, Ketua Umum Muay Thai Tabalong.

Fahrul menambahkan, Muay Thai Tabalong memiliki sekitar 20 anggota aktif yang rutin melakukan latihan 3 hingga 4 kali dalam seminggu, baik di halaman Pendopo maupun di Taman Hikun Agripark.

Baca Juga  Harga Komoditas Hortikultura Di Pasar Tanjung Stabil

Para atlet tersebut terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas anak usia 8 sampai 12 tahun dan kelas atlet. Khusus kelas atlet, saat ini pihaknya tengah melakukan latihan intensif untuk mempersiapkan atlet di ajang Porprov 2025 mendatang.

Diketahui, Muay Thai Tabalong berhasil meraih 2 medali perunggu pada ajang Porprov ke sebelas di Hulu Sungai Selatan tahun 2022 lalu.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment