Jemput Bola Periksa Kesehatan Warga

by tabalong hari ini
0 comment

Beginilah pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular atau PTM, secara gratis, yang digelar Puskesmas Mabuun kepada 52 warga dari berbagai usia di Tanjung Selatan.

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi beberapa pengecekan seperti, tensi darah, berat badan, lingkar perut, kolesterol, gula darah dan asam urat.

Koordinator Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular Puskesmas Mabuun, Marliyana menuturkan , pemeriksaan ini merupakan langkah deteksi dini penyakit tidak menular, yang seandainya ditemukan gejala maka akan dirujuk untuk pengobatan lanjutan ke puskesmas setempat .

“Setelah pemeriksaan kalo memang ada masalah dalam pemeriksaan seperti misalnya gula darah tinggi atau kolesterol tinggi kami anjurkan untuk pemeriksaan lanjut ke puskesmas untuk pengobatan, karena disini kami tidak melakukan pengobatan pak cuma pemeriksaan aja,” kata Marliyana.

Sementara itu, pemeriksaan kesehatan gratis inipun mendapat tanggapan positif oleh warga setempat, Muhammad Daif salah satunya. Ia menilai program tersebut sebaiknya dilanjutkan, mengingat antusias masyarakat yang tinggi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Saya kira sangat bagus dan menurut aku malah klo perlu di lanjutkan aja ini, ini baik untuk masyarakat kita seperti yang kita lihatkan sangat antusias masyarakat kota disini,” ungkap Muhammad Daif.

Pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular yang dilakukan Puskesmas Mabuun dijalankan di beberapa desa dan kelurahan secara bergantian, yang menjadi zona pelayanan Puskesmas Mabuun. seperti Kelurahan Mabuun, Sulingan, Pembataan, Desa Kasiau dan Desa Maburai.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment