Alat Baru Trakindo Diharap Mampu Bantu Percepat Pembangunan di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Beginilah progres pemeliharaan berkala jalan di Lingkungan Komplek Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, yang terpantau pada 23 April 2022. Pemeliharaan jalan dengan pengaspalan ini dianggarkan melalui APBD Induk Kabupaten Tabalong Tahun 2022, senilai 1,2 milyar rupiah.

Pengaspalan jalan menggunakan alat berat terbaru series asphalt pavers 455. Pengaspalan di area pendopo dengan alat ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia, bahkan yang kedua se Asia Pasifik.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengapresiasi, pihak Trakindo karena Tabalong berkesempatan menjadi wilayah uji coba pertama operasi alat ini. Bupati Anang berharap, keberadaan alat baru ini dapat mendukung dan menunjang upaya Pemkab Tabalong, dalam mempercepat progres pembangunan dan peningkatan infrastruktur di Kabupaten Tabalong.

“Nah mudah-mudahan ini bisa diproduksi secara massal, sehingga kita di Kabupaten Tabalong standarnya ini nanti yakan. Apalagi tahun-tahun kedepan banyak jalan kabupaten, bahkan jalan provinsi dan jalan nasional yang perlu peningkatan,” ungkap Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Penanggungjawab Operasional PT Trakindo Utama, Budiyono mengatakan, uji coba pertama kali dilakukan di Tabalong, sebagai bentuk dukungan membangun daerah. Ia juga mengatakan ketentuan trial alat ini dilakukan selama 200 jam.

“Alat ini kurang lebih trial di 200 jam dan kami juga berharap alat ini tidak usah dipindah dari Tabalong, dioperasikan di Tabalong sehingga kedepannya pembangunan ini, infrastruktur khususnya, sesuai dengan rencana jangka menengah, jangka panjang pak bupati tadi, kami bisa memberikan kontribusi yang terbaik juga dari PT Trakindo Utama,” tutur Budiyono, PJ Operasional PT Trakindo Utama.

Budiyono menjelaskan, alat berat AP455 ini lebih efisien dibandingkan series sebelumnya, karena dilengkapi sensor untuk leveling sehingga dapat mengatur material yang akan digunakan untuk melapisi lapisan paling atas. Ia juga menambahkan, untuk pengerjaan ruas jalan ini memiliki ketebalan 3 centimeter.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment