Home Tabalong Hari Ini Bupati: Pendekatan Induktif & Hubungan Kausalitas Jadi Kunci Keberhasilan Inovasi

Bupati: Pendekatan Induktif & Hubungan Kausalitas Jadi Kunci Keberhasilan Inovasi

by Muhammad Rais
0 comment

Untuk mempertahankan IGA sebagai tolak ukur keberhasilan Inovasi Daerah, Bupati Tabalong meminta jajaran Pemkab Tabalong menyepakati satu tematik inovasi. Caranya dengan melakukan pendekatan induktif dan mendalami hubungan kausalitas.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dalam sambutannya saat Anugerah Inovasi Daerah Kabupaten Tabalong tahun 2023, pada Jumat 29 Desember 2023, di Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Bupati Anang mengatakan, tolak ukur keberhasilan Inovasi Daerah adalah Innovative Government Award atau IGA. Sekedar diketahui, Kabupaten Tabalong berhasil meraih IGA selama 3 Tahun berturut-turut, sejak tahun 2021.

Oleh karena itu, untuk dapat mempertahankan IGA Award, Bupati Anang meminta jajaran Pemkab Tabalong membuat skenario besar dengan menyepakati satu tematik Inovasi. Ia menilai, sebagus apapun Inovasi yang dilahirkan nantinya, apabila tidak satu tematik maka tidak terlalu bernilai terhadap IGA.

Bupati Anang pun menginstruksikan para inovator dan pimpinan SKPD mendalami tentang pendekatan induktif atau penarikan kesimpulan umum yang berasal dari hal-hal khusus, serta mendalami hubungan kausalitas atau hubungan sebab – akibat.

“Bayangkan aja oh ini kalo berhasil nanti gini, nanti kita turun ke bawah. Karena apa? Karena kalo misalnya kita sesuai metode dalam berpikir ya, dalam penelitian, kita mulai dari sebab belum tentu hasilnya akhirnya bagus. Nah kalo hasil akhirnya tidak bagus maka inovasi itu tidak menembus penghargaan itu.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Mini Expo dan Pasar Murah Meriahkan Hari UMKM Nasional di Tabalong

Dalam acara anugerah inovasi daerah tahun 2023, Bupati Anang menyerahkan penghargaan kepada para pemenang Lomba Inovasi Daerah Tahun 2023, SKPD Terinovatif tahun 2023 yaitu Dinas Kesehatan Tabalong, dan 175 inovator yang terlibat dalam penilaian IGA tahun 2023.

Selain menyerahkan penghargaan, Bupati Anang didampingi unsur Forkopimda Kabupaten Tabalong dan stakeholder terkait melakukan peluncuran 4 inovasi baru pemerintah Kabupaten Tabalong. 4 inovasi tersebut adalah E-Riset sebagai bentuk transformasi digital penelitian dan pengembangan Kabupaten Tabalong, SILANGKAR atau Sistem informasi Penanggulangan Kemiskinan Terpadu dan Terintegrasi, SI Gadis Tanjung atau Sistem Informasi Gizi Anak dan Ibu Intervensi Stunting, serta SIGAP atau Sistem Informasi Geografis Aset Pemerintah Daerah.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment