Home Tabalong Hari Ini Bupati Anang Sebut UMKM Berperan Dalam Pertumbuhan Ekonomi Pasca Covid-19

Bupati Anang Sebut UMKM Berperan Dalam Pertumbuhan Ekonomi Pasca Covid-19

by Muhammad Rais
0 comment

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengapresiasi eksistensi dan perkembangan Usaha Miko Kecil Menengah di Tabalong. Pasalnya, ia menilai UMKM merupakan salah satu faktor pendorong bangkitnya ekonomi Tabalong pasca pandemi covid-19.

Hal ini disampaikan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani saat membuka Bazar UMKM Adaro Spectapreneur 4.0 2023, pada jumat 29 desember 2023, di Tanjung Expo Center Mabuun Kecamatan Murung Pudak.

Bupati Anang menilai pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tabalong sempat berada di angka minus 2,50 persen pada tahun 2020, saat pandemi covid-19. Namun, di tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Tabalong mulai bangkit menjadi 3,27 persen dan terus meningkat hingga di tahun 2022 tembus 5,30 persen.

Menurut Bupati Anang, cepatnya pemulihan ekonomi di Tabalong pasca pandemi covid-19 tidak lepas dari kemajuan dan perkembangan UMKM. Terlebih, UMKM di Tabalong semakin maju dan berkembang berkat adanya kolaborasi dari pemerintah daerah dan swasta.

“Cepatnya bangkit ekonomi Tabalong pasca pandemic itu salah satu faktor pendukung utama adalah UMKM kita memang sempat jatuh pak selama pandemi, tapi ketika pandemi mau berakhir UMKM kita cepat bangkit. Nah, oleh sebab itu setiap kali kita melaksanakan kegiatan seperti ini, kita sudah punya modal besar. UMKM kita sudah siap.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Penurunan Angka Kemiskinan dan Pengangguran Jadi Arah Kebijakan 2025

Bupati Anang menambahkan, UMKM Tabalong merupakan salah satu kekuatan besar dalam menghadapi IKN. Untuk itu, ia berharap Adaro Energy terus melakukan pembinaan sehingga UMKM dapat terus tumbuh dan berkembang.

Selain itu, Bupati Anang juga meminta UMKM di Tabalong untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi dalam penguatan UMKM.

Diketahui, bazar UMKM Adaro Spectapreneur 4.0 2023 di ikuti sebanyak 144 UMKM di Tabalong, yang merupakan binaan dari Pemerintah Daerah Tabalong dan Binaan Adaro Energy.

Gelaran ini dilaksanakan selama sepekan mulai 29 desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

(Gazali Rahman/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment