Jangan Panik! Kenali Gejala Hepatitis Misterius

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Per 20 Mei 2022, belasan anak di indonesia diduga terinfeksi kasus hepatitis akut misterius, yang mengancam kesehatan anak. Hepatitis akut misterius sendiri merupakan jenis penyakit baru, yang tidak termasuk dalam kategori hepatitis A-B-C-D dan E.

Hepatitis akut umumnya menyerang anak dalam rentan umur tiga sampai lima tahun. Namun berdasarkan identifikasi WHO hepatitis akut dapat menyerang anak usia kurang dari 16 tahun.

Dokter spesialis anak, konsultan neonatologi, dokter lenny syntia hapis menjelaskan, gejala yang timbul akibat hepatitis akut bervarisi, tergantung dari ketahanan tubuh setiap anak, yang biasanya dimulai dengan 3l.

“Gejala awal lemah letih lesu nyeri di perut kanan bawah dan kadang-kadang dia ada diare kemudian kalo sudah fasenya berlanjut itu bisa apa namanya kuning penurunan kesadaran dan gatal” Kata dr. Lenny S. Hapiz, Sp.A(K), M.Kes, Dokter Spesialis Anak, Konsultan Neonatologi.

Dokter Lenny menambahkan, bagi orang tua yang mengetahui terdapat gejala tersebut terhadap anaknya, agar sesegeranya datang kerumah sakit atau layanan kesehatan terdekat, sebelum bertambah parah. Pertolongan dini dapat mempercepat penyembuhan pasien dan mengurangi risiko keparahan. (Gazali Rahman).

Related Articles

Leave a Comment