Home Tabalong Hari Ini Bupati Anang Minta Perusahaan Berkontribusi Tekan Angka Pengangguran Terbuka

Bupati Anang Minta Perusahaan Berkontribusi Tekan Angka Pengangguran Terbuka

by Muhammad Rais
0 comment

Guna mengendalikan tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Tabalong, Pemerintah Kabupaten Tabalong mengajak perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Tabalong untuk membangun sinergitas dan saling berkolaborasi. Terlebih hal ini dalam rangka menghadapi Ibukota Nusantara.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dalam sambutannya saat membuka Forum Ketenagakerjaan Kabupaten Tabalong Tahap Dua Tahun 2023 pada Selasa, 8 Agustus 2023, di Wisma Tamu Bersinar, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Bupati Anang menyebutkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) meningkat dalam tiga tahun terakhir di Kabupaten Tabalong.

TPT sebesar 3,07 persen tahun 2020, kemudian naik menjadi 3,43 persen tahun 2021, dan kembali mengalami kenaikan menjadi 4,46 persen tahun 2022.

Oleh karena itu, Bupati Anang berharap melalui forum ini, pihak pemerintah dan swasta dapat bersinergi, serta berkolaborasi untuk menemukan solusi mengatasi permasalahan TPT. Terlebih hal ini perlu dilakukan sebagai upaya menghadapi Ibukota Nusantara.

“Bagaimana kita membangun sinergitas sekaligus kolaborasi antara pemerintah dan swasta di Kabupaten Tabalong, tentu saja ini dalam rangka menghadapi Ibukota Nusantara.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong

Direktur PT Conch South Kalimantan Cement, Qin Dong, dalam sambutannya menyatakan PT Conch berkomitmen untuk mewujudkan lokalitasi karyawan dan manajemen. Ia juga berharap PT Conch dapat terus bekerjasama dengan Pemkab Tabalong serta berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

“PT. Conch South Kalimantan Cement bertujuan untuk mewujudkan lokalitasi karyawan, dan juga lokalitasi manajemen karyawan dengan mempekerjakan hampir 300 orang talenta muda, dan di usia rata-rata 30 tahun dengan memberikan transfer ilmu pengetahuan penerapan sistem kerja yang canggih. Selanjutnya kami berharap dapat terus bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tabalong untuk menyediakan lebih banyak lagi lowongan atau lapangan pekerjaan bagi muda-mudi Kabupaten Tabalong.” ujar Qin Dong, Direktur PT. Conch South Kalimantan Cement.

Pada pembukaan forum ini, Bupati Anang memaparkan 4 poin upaya untuk menurunkan TPT di Kabupaten Tabalong.

Pertama, melaksanakan program pelatihan yang dapat mendorong para pencari kerja untuk siap masuk dunia kerja.

Kedua, bersinergi dengan perusahaan terkait kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan, serta informasi lowongan kerja yang tersedia untuk disebarluaskan melalui berbagai media, sehingga diharapkan lowongan kerja yang ada dapat diisi oleh tenaga kerja asal Kabupaten Tabalong.

Ketiga, menjaga hubungan industrial yang harmonis guna menciptakan iklim investasi yang sehat.

Serta yang terakhir, melaksanakan program pelatihan dengan tujuan untuk memperluas kesempatan kerja menjadi wirausaha baru, dan menciptakan lapangan kerja yang mampu menyerap tenaga kerja dan masyarakat sekitar.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment