Home Tabalong Hari Ini 308 Ketua RT Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas

308 Ketua RT Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tabalong kembali menggelar Bimtek dalam rangka peningkatan kapasitas Ketua RT di Kabupaten Tabalong pada Rabu, 15 November 2023, di Pendopo Bersinar Pembataan. Melalui Bimtek ini diharapkan wawasan dan pengetahuan Ketua RT dapat semakin meningkat.

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas ini diikuti 308 Ketua RT yang berasal dari 4 Kecamatan.

Sebanyak 46 orang Ketua RT dari Kecamatan Upau, 93 orang Ketua RT dari Kecamatan Haruai, 49 orang Ketua RT dari Kecamatan Bintang Ara, serta 120 orang Ketua RT dari Kecamatan Tanjung.

Kepala DPMD Kabupaten Tabalong, Erwan Mardhani, menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek ini dilatarbelakangi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2024 sebagai perwujudan kebijakan pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan layanan bagi masyarakat.

Serta Permendagri No 18 Tahun 2028 menegaskan posisi RT sebagai mitra kerja pemerintah desa dan kelurahan.

Erwan berharap melalui Bimtek ini, para Ketua RT dapat menyebarkan dan mensosialisasikan ilmu yang telah didapat, baik terkait kesehatan, keamanan, maupun pendidikan.

“Karena ini Bimtek peningkatan kapasitas yang pertama kali dilaksanakan, tentu harus ada tindak lanjutnya. RT ini kan Ketua RT ini kan pasti ada pekerjaan pasti ada tugasnya, tolong disosialisasikan hasil Bimtek ini kepada masyarakat, ke anggota masyarakat gitu, mungkin pada saat yasinan kah, pada saat musyawarah kah, diinformasikan saja kepada masyarakat kita. Soal kesehatan, soal pendidikan, soal keamanan, dan sebagainya. Sehingga masyarakat kita lebih awal tahu begitu,” ujar Erwan Mardhani, Kepala DPMD Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Ketua DPRD Tabalong Nilai Penurunan Harga BBM Mampu Tekan Inflasi

Erwan menambahkan, Bimtek Peningkatan Kapasitas Ketua RT akan kembali dilaksanakan pada 29 November 2023, dengan menyasar 5 Kecamatan, yaitu Tanta, Banua Lawas, Pugaan, Muara Harus, dan juga Kecamatan Kelua.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment