Home DPRD Wakil Ketua II DPRD Soroti Soal Program Pengolahan Hasil Perikanan DKPPTPH

Wakil Ketua II DPRD Soroti Soal Program Pengolahan Hasil Perikanan DKPPTPH

by Muhammad Rais
0 comment

Wakil Ketua 2 DPRD Tabalong, Habib Muhammad Taufani Alkaf, Soroti Realisasi Program Kegiatan Pembinaan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan bagi Pelaku Usaha yang Ada di Dinas Ketahanan Pangan Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong. Pasalnya, realisasi tersebut dinilai tidak sebanding dengan potensi perikanan di Tabalong.

Hal tersebut diutarakan Wakil Ketua 2 DPRD Tabalong, Habib Muhammad Taufani Alkaf, saat rapat pembahasan Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2022, yang digelar pada Minggu 23 Juli 2023, di Ruang Rapat Sekretariat DPRD Tabalong.

Habib Taufan menilai kegiatan pembinaan mutu dan keamanan hasil perikanan bagi usaha pengolahan dan pemasaran skala mikro dan kecil yang terealisasi sebesar 46,39 persen dari pagu anggaran sebesar 373 juta masih rendah.

Untuk itu, ia mendorong DKPPTPH Tabalong untuk memaksimalkan pembinaan pengolahan hasil perikanan di tahun 2023, terlebih potensi perikanan di Tabalong saat ini kian meningkat.

“Potensinya sebenarnya untuk yang dikembangkan sangat diperlukan sekali oleh masyarakat, apalagi untuk pengembangan UMKM. Nah, disitu bisa dimanfaatkan pengolahan ikan yang dibudidaya masyarakat, disitu bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu nantinya. Kita soroti karena hasilnya masih 46 persen, kita berharap di anggaran berikutnya jangan sampai seperti itu, ketika kita sudah anggaran maksimal, serapannya pun harus maksimal, jadi perlu dievaluasi agar pemanfaatannya bisa dirasakan oleh masyarakat.” ujar Habib Muhammad Taufani Alkaf, Wakil Ketua II DPRD Tabalong.

Baca Juga  DPRD Tabalong Inginkan Pertanian di Tabalong Miliki Database

Menyikapi hal tersebut, Kepala DKPPTPH Tabalong Fahrul Raji, dalam penyampaianya ketika rapat mengatakan bahwa rendahnya realisasi capaian tersebut dikarenakan pada tahun 2022 pihaknya hanya berfokus pada penangkapan dan pengawasan perikanan. Untuk itu, di tahun 2023 ini, DKPPTPH akan giat memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk mengolah hasil perikanan.

“Terus terang saja, kalau dulu itu kita fokus pada penangkapan, ke pengawasan. Nah, sekarang kami fokus, waktu ini kami bilang, coba kawan-kawan kita fokusnya ke budidaya dan pengolahan.” ujar Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Fahrul Raji mengatakan bahwa pihaknya optimis hal tersebut bisa terealisasi dengan maksimal. Terlebih saat ini DKPPTPH Tabalong telah memilki 5 orang penyuluh perikanan dari Kementerian Perikanan.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

 

Related Articles

Leave a Comment