Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan Produktivitas Pertanian, DKPPTPH Salurkan Berbagai Bantuan

Tingkatkan Produktivitas Pertanian, DKPPTPH Salurkan Berbagai Bantuan

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah daerah memberikan sejumlah bantuan kepada kelompok tani dan PPL di Kabupaten Tabalong. Bantuan ini pun dinilai sangat membantu dalam peningkatan kegiatan pertanian di Kabupaten Tabalong.

Pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Kabupaten Tabalong memberikan bantuan kepada sejumlah kelompok tani dan penyuluh pertanian lapangan atau PPL di sejumlah Balai Penyuluh Pertanian atau BPP di Kabupaten Tabalong.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong, Hamida Munawarah, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong Syarifah Syifa Anang Syakhfiani, serta Kepala DKPPTPH Kabupaten Tabalong Fahrulrazi pada pembukaan Tabalong Farmers Festival yang dilaksanakan di Hikun Agri Park pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Bantuan yang diserahkan beragam, yakni antara lain bantuan satu unit lumbung pangan masyarakat yang diberikan kepada kelompok tani Maluput Desa Lumbang Kecamatan Muara Uya.

Bantuan timbangan beras dan alat ukur kadar air yang diberikan kepada kelompok tani Sumber Rejeki Desa Nalui Kecamatan Jaro, serta bantuan gabah senilai 50 juta rupiah kepada Gapoktan Maju Bersama Desa Banua Rantau Kecamatan Banua Lawas.

Selain itu, bantuan enam unit kendaraan roda 2 diberikan kepada PPL di enam BPP, yaitu BPP Bintang Ara, BPP Maburai, BPP Kelua, BPP Kembang Kuning, BPP Banua Lawas, dan BPP Jaro.

Baca Juga  Tanaman Bonsai Miliki Karya Seni Yang Tinggi

Salah satu penerima bantuan kendaraan roda 2, Jamhur, mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan yang diberikan pemerintah. Mengingat selama ini pekerjaan yang ia lakukan memiliki tingkat mobilisasi yang tinggi.

“Yang jelas di BPP itu mayoritas petugas di lapangan, yang banyak di lapangan. Kalau di BPP kan ada koordinator, ada programmer, dan yang lainnya itu ada 6 di lapangan. Dan itu sangat membutuhkan mobilisasi terutama kendaraan roda 2 untuk mobilisasi di wilayah kerjanya masing-masing.” ujar Jamhur, Penyuluh Programmer BPP Jaro.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Maju Bersama Desa Banua Rantau Kecamatan Banua Lawas, Halikin, mengatakan sangat berterimakasih dengan bantuan yang telah diberikan pemerintah. Pasalnya, dengan bantuan tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan cadangan pangan di desanya.

“Pertama, ucapkan alhamdulillah mendapatkan bantuan uang sebesar 50 juta rupiah untuk pembelian gabah untuk di kelompok kami tani maju bersama. Jadi, ucapan terimakasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan kami sehingga kelompok kami ini mudah-mudahan maju. Nah, dan untuk menyandang pangan desa atau untuk mengisi lumbung yang ada di desa kami.” ujar Halikin, Ketua Gapoktan Maju Bersama Kecamatan Banua Lawas.

Bantuan ini sendiri merupakan dorongan pemerintah daerah Kabupaten Tabalong dalam upaya memudahkan para penyuluh untuk melakukan monitoring ke lapangan, sekaligus memberikan fasilitas yang memadai untuk peningkatan produktivitas pertanian di Tabalong.

Baca Juga  Kabupaten Tabalong Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian ke-9 Kalinya

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment