Home Tabalong Hari IniAnak DP3AP2KB Minta PATBM Berperan Aktif Cegah dan Lindungi Anak dari Kekerasan

DP3AP2KB Minta PATBM Berperan Aktif Cegah dan Lindungi Anak dari Kekerasan

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tabalong, gelar sosialisasi dan pembentukan perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM) tingkat desa dan kelurahan di Tabalong.

Sosialisasi dan pembentukan perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM) kali ini, dilaksanakan di Desa Nawin Kecamatan Haruai, pada Rabu 22 Februari 2023.

PATBM ini merupakan sebuah gerakan oleh masyarakat desa atau kelurahan untuk bekerja secara terkoordinasi dalam melakukan pencegahan dan respon cepat apabila terjadi kekerasan terhadap anak di wilayah nya.

Kegiatan pembentukan PATBM ini pun menyasar kepala desa, sekretaris desa, aparat desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat, bidan, perawat, guru Paud, TK, SD, SLTP, SLTA, PKK Desa, Posyandu, Forum Anak, PIK Remaja, Karang Taruna, perwakilan dunia usaha, dan LSM atau komunitas.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi berharap, dengan dibentuk nya PATBM ini tidak ada lagi kasus kekerasan terhadap anak di desa-desa di Kabupaten Tabalong. Dan para anggota PATBM diminta untuk berperan aktif di tengah masyarakat untuk bisa melakukan pencegahan dan perlindungan terhadap anak.

“Kita berharap dengan terbentuknya ini di masyarakat itu tidak akan terjadi kekerasan dan lain sebagainya. Kalau hal-hal tersebut terjadi misalnya tidak terpenuhinya hak anak itu silahkan mereka melaporkan meneruskan nya baik ke UPTD PPA yang ada di Dinas P3AP2KB, kapolsek dan lain sebagainya silahkan teruskan kalau menemui, kalau bisa semua yang terjadi di masyarakat bisa diatasi bersama agar jangan sampai terjadi dan terulang lagi di desa itu sendiri,” kata Rusmadi.

Baca Juga  Pasar Ramadan Kuliner Mabuun Resmi Dibuka

Adanya pembentukan PATBM di Desa Nawin mendapat respon positif oleh Kepala Desa Nawin Ahmad Syapawi. Ahmad berharap, dengan adanya pembentukan PATBM ini diharapkan masyarakat dapat menjadi ujung tombak untuk melakukan upaya-upaya pencegahan, dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan perilaku untuk memberikan perlindungan kepada anak.

“Kami sangat senang hati dibentuknya PATBM di desa kami karena di desa kami banyak masyarakat anak-anak masyarakat kami banyak yang kurang mengerti masalah kekerasan di desa kami,” ujarnya.

Selain di Desa Nawin, adapula beberapa desa yang menjadi sasaran sosialisasi dan pembentukan PATBM tahun 2023 dari DP3AP2KB Tabalong, yakni Desa Habau Hulu Kecamatan Banua Lawas, Desa Tamunti Kecamatan Pugaan, Desa Palapi Kecamatan Muara Uya, Desa Garagata Kecamatan Jaro dan Desa Ampukung Kecamatan Kelua.

Nova Arianti, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment