Home Tabalong Hari Ini Pemkab Bagikan Ratusan Ekor Sapi kepada 20 Kelompok Tani

Pemkab Bagikan Ratusan Ekor Sapi kepada 20 Kelompok Tani

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menyerahkan bantuan ratusan ekor sapi ke sejumlah kelompok tani pada Jumat, 10 Mei 2024, di Pasar Hewan Jaro. Bantuan ini merupakan upaya meningkatkan populasi sapi di Tabalong.

Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan menyerahkan 198 ekor sapi kepada 20 kelompok tani yang ada di wilayah utara, tengah, dan selatan Tabalong. Bantuan sapi jenis Bali tersebut terdiri dari 128 ekor sapi betina dan 70 ekor sapi jantan.

Masing-masing kelompok rata-rata mendapatkan bantuan sapi sekitar 10 ekor.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, Saleh, mengatakan bantuan tersebut merupakan tahap pertama dan kedua dari total sapi yang disediakan di tahun 2024 sebanyak 470 ekor. Nantinya, bantuan serupa akan kembali disalurkan secara bertahap kepada 18 kelompok tani lainnya.

“Ya, diharapkan para petani ini memegang janji sesuai dengan perjanjiannya ya, tidak akan menjual ternak, akan mengembangkan sesuai perjanjian kita dan benar-benar akan merawat. Dan apabila mereka lepas dari janji itu, maka risiko akan ditanggung sendiri oleh mereka.” ujar Saleh, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong.

Saleh menambahkan bantuan sapi ini merupakan salah satu upaya meningkatkan populasi dan memenuhi kebutuhan daging sapi di Tabalong, mengingat posisi Tabalong yang strategis sebagai penyokong kebutuhan pangan IKN.

Baca Juga  Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalsel Evaluasi Penyaluran KUR Tabalong

Disamping itu, Saleh memastikan sapi yang diserahkan tersebut telah dinyatakan sehat lantaran telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan dan diberikan vaksin PMK, LSD, dan lainnya.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment