Home Tabalong Hari Ini Terima Bantuan Ternak Sapi, Pengurus Poktan: Alhamdulillah

Terima Bantuan Ternak Sapi, Pengurus Poktan: Alhamdulillah

by Muhammad Rais
0 comment

Sejumlah kelompok tani mengaku senang mendapat bantuan ternak sapi dari pemerintah daerah. Adanya bantuan ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para anggota kelompok tani.

Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong menyerahkan 198 ekor ternak sapi kepada 20 kelompok tani pada Jumat, 10 Mei 2024, di Pasar Hewan Jaro.

Bantuan sapi jenis Bali tersebut terdiri dari 128 ekor sapi betina dan 70 ekor sapi jantan.

Adanya bantuan ini pun disambut baik oleh sejumlah kelompok tani.

Diantaranya, Zainuddin ketua kelompok tani Sumber Makmur Desa Uwie Kecamatan Muara Uya. Ia mengaku bersyukur kelompoknya mendapat bantuan 15 ekor sapi dari pemerintah daerah.

Nantinya sapi tersebut akan dikembangbiakkan secara komunal dengan harapan mampu meningkatkan perekonomian para anggota.

“Alhamdulillah demi kesejahteraan, pemerintah, petani khususnya kelompok ini sudah termasuk membikin kebahagiaan untuk dikembangkan. Harapan nanti bisa dikembangkan dan nanti anak-anaknya dikembangkan bisa ke anggota yang lain.” ujar Zainuddin, Ketua Kelompok Tani Sumber Makmur.

Senada dengan Zainuddin, Ketua Kelompok Tani Bina Karya Desa Usih Kecamatan Bintang Ara, Tejo, mengaku bersyukur kelompoknya mendapat bantuan 10 ekor sapi. Ia pun bersama anggota lainnya juga siap mengembangbiakkan sapi-sapi tersebut.

“Ya alhamdulillah karena permintaan kelompok kami bisa disetujui untuk minta bantuan peternakan, melihat potensi banyak rumput kami sangat bangga dan senang sekali, mudahan kedepannya lebih maju lagi. Kandang komunal kami sudah siapkan, untuk tanaman rumput kami juga sudah siapkan tinggal paling kekurangan alat-alat perlengkapannya sambil jalan untuk pencacah rumput, atau var untuk mencari rumputnya biar lebih baik.” ujar Tejo, Ketua Kelompok Tani Bina Karya.

Diketahui, pada tahun 2024 Pemkab Tabalong menyediakan bantuan 470 ekor ternak sapi untuk 38 kelompok tani di Tabalong.

Bantuan ternak sapi tersebut disalurkan secara bertahap, yang akan kembali disalurkan kepada 18 kelompok tani lainnya.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment