Home Tabalong Hari Ini DPRD Tabalong Inginkan Pertanian di Tabalong Miliki Database

DPRD Tabalong Inginkan Pertanian di Tabalong Miliki Database

by Muhammad Rais
0 comment

DPRD Kabupaten Tabalong meminta Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Tabalong agar memiliki database pertanian secara menyeluruh, sehingga data tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemerintah guna meningkatkan pertanian di Tabalong.

Keinginan tersebut diutarakan Wakil Ketua 1 DPRD Tabalong, Jurni, kepada Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Tabalong, dalam rapat pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022 yang dilaksanakan pada Minggu, 23 Juli 2023, di Ruang Rapat Sekretariat DPRD Tabalong.

Jurni menginginkan agar DKPPTPH Tabalong mendata secara menyeluruh mengenai pertanian, seperti persawahan yang produktif maupun sawah yang belum dimanfaatkan oleh para petani, termasuk alat mesin pertanian yang dimiliki oleh DKPPTPH Tabalong, sehingga pemanfaatannya dapat dimaksimalkan oleh para petani.

“Kami meminta di pertanian ini betul-betul punya data, data seperti sawah yang harus digarap setiap tahun berapa, dan juga alsintan kebutuhannya berapa. Nah, itu harus kita penuhi, jadi oleh sebab itu bagaimana kita buat supaya petani kita tidak ada kesulitan untuk menggarap lahannya.” ujar Jurni, Wakil Ketua 1 DPRD Tabalong.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua 2 DPRD Tabalong, Habib Muhammad Taufani Alkaf, pada saat rapat. Habib mengatakan bahwa database mengenai pertanian memang diperlukan, terlebih saat ini pihaknya tengah mengupayakan agar pertanian di Tabalong mendapat sejumlah bantuan dari pemerintah pusat.

Baca Juga  Gelar Open House, Ketua DPRD Sambut Masyarakat di Rumah Dinas

“Pentingnya database pertanian, kita tahu lahan yang ada di Tabalong, ini lahan yang sudah aktif dimanfaatkan oleh masyarakat itu berapa, terus lahan yang belum dimanfaatkan berapa. Jadi ketika kita presentasi ke pusat kementerian, ada dasar kita sebagai kajian awal untuk mempertahankan agar dana bantuan dari APBN bisa mengucur ke Kabupaten Tabalong.” ujar Habib Muhammad Taufani Alkaf, Wakil Ketua 2 DPRD Tabalong.

Pada rapat pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022 ini, DKPPTPH Tabalong menyampaikan bahwa pada pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022, DKPPTPH menjalankan 25 kegiatan dengan total anggaran 31 miliar 907 juta rupiah dan telah terserap sebesar 89,12 persen atau 28 miliar 434 juta.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment