UPTD Balai PKB Tabalong Jalani Akreditasi

by tabalong hari ini
0 comment

Penilaian akreditasi baru Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Tabalong Memasuki hari kedua, yakni verifikasi lapangan, pada 30 Agustus 2022. Hal ini dilakukan untuk memastikan, pemaparan yang disampaikan secara virtual oleh Dishub Tabalong pada sehari sebelumnya, sesuai dengan kondisi di lapangan.

Perwakilan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Balai Pengelola Transportasi Darat 15 Kalimantan Selatan, dan Ikatan Profesi Penguji Kendaraan Bermotor, memverifikasi langsung kelengkapan administrasi, teknis, dan sarana penunjang UPTD Balai PKB Dishub Tabalong. Verifikasi lapangan untuk penilaian akreditasi ini rutin setiap 4 tahun sekali, karena sebelumnya UPTD Balai PKB Dishub Tabalong memperoleh akreditasi B. Namun jika mendapatkan akreditasi A, maka penilaian akreditasi dilakukan setiap 5 tahun sekali.

Kepala UPTD Balai PKB Dishub Tabalong, Makarius Djatmiko optimis, akreditasi balai uji ini meningkat menjadi a. Pasalnya pihak UPTD Balai PKB sudah melakukan berbagai upaya untuk memenuhi persyaratan akreditasi A, salah satunya pembayaran retribusi secara non tunai yang berlaku sejak awal Tahun 2021.

 “Apabila unit kami terakreditasi adalah kami secara legalitas dan secara kelayakan kami dianggap mampu untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dalam hal pelayanan pemeriksaan pengujian persyaratan pemeriksaan teknis dan persyaratan layak jalan kendaraan bermotor di Kabupaten Tabalong,” tutur M. Djatmiko.

Verifikasi lapangan dimulai dari persyaratan administrasi. Seperti sop, visi misi, motto, penanggungjawab, status kepemilikan tanah dan bangunan, penanganan pengaduan, indeks kepuasan masyarakat, serta papan informasi mengenai mekanisme pelayanan dan tarif retribusi. Dilanjutkan verifikasi persyaratan teknis, yaitu ketersediaan dan kualitas SDM penguji, serta kelengkapan dan kondisi alat uji harus dalam keadaan baik. Sarana penunjang seperti Kantor Administrasi dan ruang tunggu, juga tak luput dari verifikasi lapangan.

Hasil verifikasi lapangan ini disampaikan kepada Tim akreditasi Kementerian Perhubungan RI secara virtual, pada 31 Agustus 2022. Djatmiko pun berharap, hasilnya memuaskan dan akreditasi UPTD Balai PKB Dishub Tabalong meningkat menjadi A.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment