Home Tabalong Hari IniWisata & Budaya Tanjung Puri Akan Dijadikan Tempat Informasi Wisata di Tabalong

Tanjung Puri Akan Dijadikan Tempat Informasi Wisata di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Ketua DPRD Tabalong, Mustafa, meminta kepada Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Tabalong agar sejumlah tempat wisata Tabalong dapat dilakukan perawatan atau pembenahan. Salah satunya seperti Wisata Tanjung Puri yang saat ini dinilai tidak aktif.

Hal tersebut diungkapkan Mustafa saat memimpin rapat Badan Anggaran DPRD Tabalong bersama Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten Tabalong, yang membahas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2024 untuk Disporapar Tabalong, Dispersip Tabalong, serta seluruh kelurahan dan kecamatan se Kabupaten Tabalong pada Jumat, 4 Agustus 2023.

Mustafa meminta kepada Disporapar agar kegiatan pariwisata di Tabalong dapat ditingkatkan, terlebih tingginya jumlah wisatawan yang telah berkunjung ke Tabalong.

Dalam rapat ini, Mustafa menyarankan agar Wisata Tanjung Puri yang dulunya ikon wisata Tabalong dapat diaktifkan kembali. Pasalnya, Mustafa menilai saat ini Wisata Tanjung Puri mulai ditinggalkan oleh para wisatawan.

Padahal menurutnya, Wisata Tanjung Puri dinilai potensial untuk dikembangkan, terlebih lokasi wisata Tanjung Puri yang berada di perlintasan antar provinsi.

“Nah, pariwisata kita ini kan sekarang kunjungan wisata asing maupun domestik ke Tabalong ini sangat signifikan. Apalagi kalau dibarengi dengan banyak tempat wisata yang ada di Tabalong. Jadi, kawan-kawan menyarankan bagaimana sebagai ikon kita apalagi terkait ada di Tanjung Puri itu. Sudah beberapa tahun kita sarankan untuk bagaimana Tanjung Puri itu bisa dioptimalkan dan sampai sekarang begitu saja jadinya.” ujar Mustafa, Ketua DPRD Tabalong.

Baca Juga  Sabilarrusdi Kembali Pimpin MUI Tabalong Masa Khidmat 2023-2028

Menyikapi hal tersebut, Kepala Disporapar Tabalong, Abdul Halim, mengatakan bahwa di tahun 2024 pihaknya akan melakukan perbaikan fasilitas dan sarana prasarana yang ada di Wisata Tanjung Puri.

Direncanakan, kawasan Tanjung Puri akan dijadikan sebagai tempat pusat informasi wisata di Kabupaten Tabalong.

“Sebenarnya aktif ya aktif Tanjung Puri itu cuma saat ini kita mungkin agak kurang perawatan karena keterbatasan anggaran. Nah, Tanjung Puri ini ke depannya itu akan kami jadikan tempat informasi wisata. Jadi, misal orang yang datang ke Tanjung Puri, disitu sudah mengetahui posisinya, dimana posisinya, disitu sudah terakomodir jawaban di pusat informasi Tanjung Puri. Nah, itu ke depannya.” ujar Abdul Halim, Kepala Disporapar Tabalong.

Selain prioritas perbaikan Wisata Tanjung Puri, Disporapar Tabalong juga akan melakukan perbaikan di sejumlah tempat wisata lainnya.

Dalam rapat KUA PPAS tahun anggaran 2024 ini, disampaikan bahwa pagu anggaran sementara Disporapar Tabalong lebih dari 19 miliar, dengan 6 program, 17 kegiatan, dan 41 kegiatan.

(Nova Arianti/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment