Home Tabalong Hari Ini Budidaya Cabai Tiung Tanjung Kelompok Tani Tunas Baru Diapresiasi

Budidaya Cabai Tiung Tanjung Kelompok Tani Tunas Baru Diapresiasi

by Muhammad Rais
0 comment

Selain menanam bawang merah, Kelompok Tani Tunas Baru Banua Lawas juga berhasil membudidayakan cabai tiung tanjung. Keberhasilan ini pun mendapat apresiasi dari Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani.

Inilah kebun cabai tiung tanjung yang berhasil dibudidayakan Kelompok Tani Tunas Baru di Desa Banua Lawas, Kecamatan Banua Lawas. Ratusan pohon cabai ditanam berdampingan dengan bawang merah di lahan seluas setengah hektar. Dengan pola tanam 1 lobang 2 hingga 3 pohon cabai, budidaya ini mampu menghasilkan 10 hingga 15 kilogram cabai yang dipanen setiap 5 hingga 7 hari.

Keberhasilan Kelompok Tani Tunas Baru ini mendapat apresiasi dari Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, saat meninjau kebun cabai pada Rabu, 6 Desember 2023. Bupati Anang berharap para petani terus membudidayakan cabai, mengingat harga cabai yang semakin tinggi.

“Di wilayah kita yang lain karena lahannya luas satu lobang hanya satu rampun ya, nah ini dua sampai tiga. Jadi bagus ini, bisa dicontoh bagi petani lain di desa lain ya yang lahannya sempit, nah ini sudah 10 kali panen sudah, harganya 80 ribu 85 ribu.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Bupati Anang juga berharap agar keberhasilan Kelompok Tani Tunas Baru dapat menjadi percontohan kelompok tani lain. Pasalnya, kelompok ini berhasil membudidayakan berbagai macam tanaman hortikultura di lahan yang terbilang sempit.

Baca Juga  DPRD Dukung Keberlanjutan Program Bantuan Pengadaan Sapi

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment