Tingkatkan Akuntabilitas, Pemkab Tabalong Gelar Bimtek SPIP

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar bimbingan teknis sistem pengendalian intern pemerintah atau SPIP di Aula BPKP Kalsel Kamis 22 September 2022 tadi. Bimtek tersebut dilakukan untuk menjaga akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah.

Bimbingan teknis sistem-sistem pengendalian intern pemerintah atau SPIP diikuti peserta dari 29 SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Tabalong.

Dalam bimtek ini, tiap SKPD diminta melakukan penilaian mandiri mulai dari aspek kinerja hingga penggunaan anggaran.

Plt Inspektur Tabalong, Haji Yuhani saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, Akuntabilitas merupakan kunci dalam menjalankan organisasi pemerintahan, selain itu pengendalian intern juga merupakan salah satu upaya untuk menjaga akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Sementara itu Korwas Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah BPKP Provinsi Kalimantan Selatan, mengapresiasi langkah Pemkab Tabalong yang turut berpartisipasi dalam penilaian mandiri yang juga dibarengi dengan terbentuknya tim penilai dan penjamin kualitas kinerja.

Sekedar diketahui, Pemkab Tabalong sendiri saat ini dijadikan sebagai pilot project penerapan sistem pengendalian intern pemerintah atau SPIP di Provinsi Kalimantan Selatan.

Related Articles

Leave a Comment