Home Tabalong Hari Ini Kelompok Pugaan Berhasil Budidayakan Ikan Haruan

Kelompok Pugaan Berhasil Budidayakan Ikan Haruan

by Muhammad Rais
0 comment

Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, secara resmi melakukan penebaran benih ikan gabus di Desa Pugaan, Kecamatan Pugaan, pada Selasa, 4 Juni 2024. Benih ikan ini diberikan guna mendukung program budidaya pada kelompok tani setempat.

Penebaran benih ikan gabus di kolam terpal milik Kelompok Bangun Tower dilakukan langsung oleh Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah, Ketua DPRD Tabalong Mustafa, Kepala DKPPTPH Tabalong Fahrul Raji, dan jajaran.

Penebaran benih ikan ini dilakukan sebagai bentuk pengembangan budidaya ikan lokal, khususnya gabus atau haruan, di Kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong, Fahrul Raji, mengatakan bahwa untuk mendukung pengembangan tersebut, pihaknya telah memberikan pendampingan sekaligus pemenuhan sarana prasarana budidaya ikan bagi Kelompok Bangun Tower.

“Karena ikan haruan ini kalau saat Hari Raya Ketupat itu sulit didapatkan, dari situ kami langsung belajar. Akhirnya, kami melihat kelompok dan juga dari dinas kita, kan ada balai benih yang di Kambitin, kami suruh mereka latihan di Trenggalek, lalu kami siapkan penganggarannya. Alhamdulillah dari kabupaten ada bantuan DID sekitar 215 juta, dan ini kita lihat hasilnya, alhamdulillah yang kita bantu mereka alhamdulillah bisa berhasil, dan yang menggembirakan banyak orang sudah tahu di sini,” kata Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Baca Juga  Kondisi Sehat, Jamaah Haji Tabalong Sudah Tuntaskan Ibadah Wajib Haji

Sementara itu, Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, mengapresiasi pengembangan budidaya ikan lokal ini, karena hal tersebut dinilai mampu menekan angka inflasi di Tabalong.

“Pengembangan ikan haruan ini berpengaruh sekali dengan inflasi. Seperti yang sudah disampaikan oleh Kepala Dinas bahwa kalau musim Hari Raya Ketupat kita kekurangan ikan haruan, kami berharap dengan pengembangan ikan haruan di sini tentu akan membawa keadaan yang lebih baik. Artinya, inflasi kita tidak lagi dipengaruhi oleh ikan haruan, karena kita sudah mengembangkan haruan,” kata Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong.

Selain ikan gabus, Kelompok Bangun Tower juga membudidayakan ikan nila, lele, dan beberapa jenis ikan lainnya.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment