Home Tabalong Hari Ini Disbunnak Akan Berikan Bantuan 470 Ekor Sapi di Tahun 2024

Disbunnak Akan Berikan Bantuan 470 Ekor Sapi di Tahun 2024

by Muhammad Rais
0 comment

Di tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Tabalong menyiapkan bantuan sapi bagi para peternak. Bantuan tersebut untuk mendukung Kabupaten Tabalong sebagai daerah penyangga ibu kota Nusantara, serta memastikan ketersediaan sapi di Kabupaten Tabalong dapat terpenuhi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Sarana Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, Anik Fatsih Wati, pada Selasa 20 Februari 2024, di kantor Disbunnak Tabalong, Kecamatan Murung Pudak.

Bantuan sapi yang disiapkan Disbunnak Tabalong untuk tahun ini sebanyak 470 ekor, dengan jenis sapi Bali. Dari jumlah tersebut, 400 ekor sapi betina dan 70 ekor sapi jantan. Bantuan sapi ini bersumber dari APBD Induk Kabupaten Tabalong tahun 2024.

Anik menjelaskan, pengembangan ternak sapi ini nantinya difokuskan di wilayah utara Kabupaten Tabalong, karena di wilayah tersebut dinilai strategis dengan masyarakat yang sudah terbiasa dalam beternak sapi.

“Jadi masyarakat Tabalong itu, apa lagi di daerah Jaro, Bintang Ara, Muara Uya, dan Haruai, itu mereka dulunya memiliki background peternak sapi dan itu makanya di tahun ini kita kembangkan karena kita mempunyai sisi strategisnya, karena pertama dekat dengan ikan, yang kedua memang kebutuhan kita untuk daging sapi ini masih kurang.” ujar Anik Fatsih Wati, Kabid Sarana Disbunnak Tabalong.

Anik menambahkan, selain memberikan ternak sapi, pihaknya juga akan memberikan bantuan ternak kambing yang berjumlah 200 ekor. Bantuan akan disalurkan pada triwulan pertama dan kedua di tahun 2024.

Baca Juga  Beras Premium Non Lokal Paling Diburu Masyarakat di Pasar Murah TPID

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment