Home Tabalong Hari Ini Bantuan Rasda Meningkat Di Tahun 2024, Penyaluran Dimulai Akhir Januari

Bantuan Rasda Meningkat Di Tahun 2024, Penyaluran Dimulai Akhir Januari

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menyiapkan bantuan ribuan ton Beras Daerah (RASDA) untuk 5.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada tahun 2024. Bantuan RASDA diberikan berdasarkan data kemiskinan dan usulan dari pemerintah kelurahan dan desa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial Tabalong, Abu Bakar Sidiq, saat diwawancara pada Kamis, 18 Januari 2024, di kantornya, Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Abu menyebutkan, bantuan Beras Daerah atau RASDA tahun 2024 menyalurkan kepada 5.000 Keluarga Penerima Manfaat atau KPM. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2023 lalu yang berjumlah 3.660 KPM.

Setiap KPM menerima bantuan RASDA berupa 20 kilogram beras dan 12 butir telur itik setiap bulannya. Penyaluran bantuan akan dimulai pada minggu terakhir bulan Januari 2024.

Untuk itu, Abu berpesan kepada penerima bantuan, masyarakat, dan aparat kelurahan serta desa, melaporkan kepada petugas Dinas Sosial apabila beras yang disalurkan penyedia tidak sesuai harapan atau tidak layak dikonsumsi karena bau dan busuk.

“Berarti sekitar berapa ton yang harus disalurkan, maka kami menyadari kalo ternyata dari penyedia tidak sesuai dengan harapan masyarakat, kami mohon masyarakat bisa melaporkan secepatnya untuk dilakukan pergantian yang layak dan wajar untuk mereka terima.” ujar Abu Bakar Sidiq, Kepala Dinas Sosial Tabalong.

Abu menambahkan, bantuan RASDA diberikan untuk menciptakan kesejahteraan sosial secara merata, sehingga inflasi daerah pun dapat terjaga.

Baca Juga  Semangat Gotong Royong di Momen Harlah Pancasila Bantu Kemajuan Daerah

Adapun KPM bantuan RASDA mengacu pada data kemiskinan dan usulan dari pemerintah kelurahan dan desa, sehingga dapat dipastikan KPM bantuan RASDA tidak menerima bantuan secara ganda.

KPM yang sudah menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa dan kelurahan tidak lagi menerima bantuan RASDA.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment