Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan Layanan, Dinsos Tabalong Himpun Masukan dari Berbagai Unsur

Tingkatkan Layanan, Dinsos Tabalong Himpun Masukan dari Berbagai Unsur

by Muhammad Rais
0 comment

Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Sosial Tabalong menggelar forum konsultasi publik pada Senin, 20 Mei 2024, di Aula Kantor Dinas Sosial Tabalong, Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Forum konsultasi publik ini dihadiri langsung oleh perwakilan TNI, Polri, akademisi, LSM, dan wartawan Tabalong.

Forum konsultasi publik digelar dalam rangka peninjauan standar pelayanan kesejahteraan sosial di Tabalong tahun 2024.

Saat ini, Dinas Sosial Tabalong memberikan 11 pelayanan kepada masyarakat, di antaranya bantuan sosial santunan kematian, bantuan permodalan usaha ekonomi produktif, bantuan rumah tidak layak huni, bantuan sosial logistik bencana kebakaran atau alam, bantuan sosial tunai kebakaran atau bencana alam, bantuan pangan daerah, pendaftaran PBI JKN KIS daerah, bantuan sosial atensi lanjut usia terlantar.

Kemudian, bantuan sosial atensi penyandang disabilitas berat dan non produktif, pengangkatan anak, bantuan mahasiswa berprestasi, pengiriman PPKS ke balai atau panti sosial untuk mengikuti program pendidikan dan keterampilan, pengiriman lanjut usia dan balita terlantar ke panti sosial Kalsel serta layanan sosial bagi orang terlantar, gelandangan, dan pengemis.

Kepala Dinsos Tabalong, Rusmadi, mengatakan dari hasil forum ini pihaknya telah menghimpun berbagai masukan dan saran terkait pelayanan yang diberikan dan akan menjadi bahan perbaikan dalam pelayanan Dinas Sosial ke depan.

“Dari forum yang kita laksanakan tadi, kita berharap dari masukan yang sudah kami terima itu akan dijadikan bahan untuk perbaikan dalam pelayanan kami ke depan. Jadi forum konsultasi publik yang kita laksanakan ini merupakan bagian dari indikator yang ditetapkan oleh Kementerian PAN-RB dan dari Ombudsman RI, karena kita mendapatkan penilaian dari dua lembaga ini,” ujar Rusmadi, Kepala Dinsos Tabalong.

Baca Juga  Cegah Flu Burung, Ribuan Itik Akan Disuntik Vaksin

Diketahui, pada tahun 2023 layanan publik di Dinas Sosial Tabalong memperoleh nilai 3,44 dengan indeks sangat baik dari Kemenpan RB serta nilai 90 dengan predikat zona hijau dengan kualitas tertinggi dari Ombudsman RI.

(Muhammad Ariadi/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment