Home Tabalong Hari Ini Tahun 2024 Pemkab Tabalong Kembali Sediakan Bantuan Alsintan bagi Petani

Tahun 2024 Pemkab Tabalong Kembali Sediakan Bantuan Alsintan bagi Petani

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong akan kembali mengalokasikan bantuan alat dan mesin pertanian kepada kelompok tani. Pemberian bantuan alat dan mesin pertanian ini sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.

Setelah di tahun 2023 pemerintah Kabupaten Tabalong menyalurkan bantuan ratusan alat dan mesin pertanian atau Alsintan untuk kelompok tani di Tabalong.

Di tahun 2024 ini, pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) akan kembali menyalurkan bantuan Alsintan bagi kelompok tani. Bantuan Alsintan akan direalisasikan paling lambat pada triwulan empat tahun 2024, dengan jenis dan jumlah Alsintan yang akan disesuaikan berdasarkan proposal pengajuan kelompok tani.

Plt Kepala Bidang Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPTPH Tabalong, Budi Santoso, saat diwawancarai belum lama tadi, menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya telah menerima proposal pengajuan dari kelompok tani. Proposal tersebut akan kembali disaring dan dipilah sesuai dengan kebutuhan prioritas petani.

“Sebenarnya kami sangat berharap besar kepada penerima Alsin itu untuk lebih meningkatkan terutama yang berhubungan dengan horti, Alsin horti terus Alsin tanaman pangan kaya sawah lebih ditingkatkan lagi lah, sehingga kami mengharapkan itu dengan adanya Alsin itu paling tidak bisa meningkatkan produksi dan produktivitas baik tanaman pangan maupun horti. Yang kedua kami juga berpesan kepada kelompok-kelompok penerima ini supaya bisa memelihara Alsin yang mereka dapatkan itu.” ujar Budi Santoso, Plt Kabid Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPTPH Tabalong.

Baca Juga  FKUB Tabalong Diminta Deteksi Potensi Konflik Dimasyarakat

Diketahui di tahun 2023, pemerintah Kabupaten Tabalong telah menyerahkan bantuan 102 unit alat dan mesin pertanian bagi puluhan kelompok tani di Tabalong. Bantuan tersebut berupa satu unit excavator, satu unit low boy, tiga unit combine harvester, dua unit traktor roda empat, 42 unit traktor rotary, 14 unit cultivator, 29 unit power thresher, dan 10 unit pompa air.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment