Home Tabalong Hari Ini 254 Calon Jamaah Haji Tabalong Belum Lunasi Biaya Haji

254 Calon Jamaah Haji Tabalong Belum Lunasi Biaya Haji

by Muhammad Rais
0 comment

Pelunasan biaya perjalanan ibadah haji atau BIPIH tahap satu di Tabalong terus berjalan. Hingga Senin, ratusan jamaah haji tercatat telah melakukan pelunasan BIPIH.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu atau SISKOHAT Kemenag, per tanggal 5 Februari 2024, sebanyak 302 jamaah haji dari 556 jamaah haji Tabalong yang berangkat tahun ini, serta 66 jamaah haji dari 163 jamaah haji yang masuk dalam kuota cadangan, telah melunasi BIPIH.

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah mengingat pelunasan BIPIH tahap satu dibuka sejak tanggal 10 Januari 2024 hingga 12 Februari 2024.

Kasi Pelaksana Haji dan Umroh Kemenag Tabalong, Nabhan Fansuri, yang ditemui di ruangannya, meminta jamaah haji yang telah melunasi BIPIH tahap satu ini agar mempersiapkan diri. Pasca tahapan pelunasan, pihaknya akan melaksanakan berbagai kegiatan pembinaan.

“Bagi jamaah yang sudah pelunasan tahap satu itu akan menunggu proses-proses berikutnya, kemungkinan akan ada pembinaan haji dari Kementerian Agama, berupa manasik haji misalnya yang baik dilaksanakan di kabupaten atau kegiatan pembinaan manasik haji yang dilaksanakan di kecamatan melalui KUA-KUA kecamatan.” ujar Nabhan Fansuri, Kasi Pelaksana Haji dan Umroh Kemenag Tabalong.

Nabhan juga menghimbau seluruh jamaah haji yang masuk dalam porsi haji tahun 2024 dan sudah dinyatakan lolos istithaah kesehatan agar segera melunasi biaya perjalanan ibadah haji di bank penerima setoran.

Baca Juga  Mursalin Harap Bantuan Ternak Sapi Mampu Tingkatkan Ekonomi Petani

Selain itu, Nabhan menambahkan setelah pelunasan tahap satu, Kemenag akan kembali membuka pelunasan tahap dua mulai 5 hingga 26 Maret 2024. Pelunasan tahap dua ini ditujukan bagi jamaah haji yang gagal sistem pada pelunasan tahap satu, jamaah haji usul penggabungan mahram, dan jamaah haji yang mengusul sebagai pendamping lansia dan disabilitas.

Diketahui, biaya perjalanan ibadah haji tahun 2024 untuk embarkasi Banjarmasin ditetapkan sebesar Rp. 56.471.105.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment