Home Tabalong Hari Ini Orang dengan Komorbid Waspadai Berbagai Penyakit di Pancaroba

Orang dengan Komorbid Waspadai Berbagai Penyakit di Pancaroba

by Muhammad Rais
0 comment

Di cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, ada beberapa kategori usia yang rentan terkena virus penyakit karena penurunan daya tahan tubuh. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat mengimbau untuk selalu penuhi kebutuhan tubuh.

Di cuaca yang tidak menentu ini, kadang panas dan tiba-tiba hujan menyebabkan tubuh rentan sakit, karena respons tubuh yang menyesuaikan perubahan cuaca dan temperatur, disamping penyebaran virus dan kuman yang semakin meningkat.

Semua orang rentan mengalami sakit di cuaca seperti ini, namun ada 3 golongan yang sangat rentan mengalami sakit, yaitu ibu hamil, anak-anak, dan lansia atau lanjut usia.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Tabalong, Catur Yudha Murtopo, meminta agar kebutuhan gizi, nutrisi, serta cairan bagi ibu hamil, anak, dan lansia dapat terpenuhi di saat cuaca seperti ini. Pasalnya, kecukupan gizi, nutrisi, dan cairan dalam tubuh sangat diperlukan.

“Jadi penuhi kebutuhan cairan ibu hamil, gizi ibu hamil dan juga anak, penuhi kebutuhan nutrisi atau gizi anak, kemudian juga cairannya, dan bagi lansia juga seperti itu. Jadi 3 kelompok ini orang-orang yang rentan di cuaca panas atau ekstrim seperti yang kita alami saat ini,” kata Catur Yudha Murtopo, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Tabalong.

Yudha pun mengimbau seluruh masyarakat, terutama masyarakat Tabalong, selain memperhatikan pola makan dengan gizi dan nutrisi yang seimbang, juga diminta untuk dapat beraktivitas fisik secara teratur, kelola stres, serta istirahat yang cukup agar tubuh tetap bugar di tengah kondisi cuaca seperti sekarang ini.

Baca Juga  BKPSDM Tekankan Prinsip Kehati-Hatian Pada ASN

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment