Home Tabalong Hari Ini Jaga Imunitas di Musim Pancaroba

Jaga Imunitas di Musim Pancaroba

by Muhammad Rais
0 comment

Kabupaten Tabalong saat ini dalam kondisi peralihan musim. Di kondisi cuaca tidak menentu tersebut, tubuh rentan mengalami sakit. Dinas Kesehatan Tabalong mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, salah satunya dengan menjaga asupan makan.

Imbauan tersebut disampaikan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Tabalong, Catur Yudha Murtopo, saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu. Yudha mengatakan, di musim peralihan seperti saat ini, tubuh berusaha keras untuk menyesuaikan perubahan udara dan temperatur cuaca yang seringkali berubah-ubah.

Di situasi itulah imunitas atau daya tahan tubuh terhadap serangan virus penyakit berkurang, sehingga banyak yang mengalami sakit di musim peralihan seperti saat ini, seperti flu, batuk, pilek, demam, diare, ISPA, dan lain sebagainya.

Untuk itu, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah asupan makan yang sesuai dengan anjuran. Catur Yudha Murtopo menjelaskan, asupan gizi penting untuk menjaga imunitas tubuh. Dalam memenuhi asupan gizi, masyarakat diminta untuk makan sesuai dengan anjuran pola Isi Piringku.

“Asupan gizi tentunya sangat dibutuhkan. Gizi seimbang seperti pola Isi Piringku atau Isi Piring Makanku, yang mana setengah piringnya itu berisi lauk pauk 1/3 dan 2/3-nya adalah makanan pokok. Kemudian setengah piringnya lagi 2/3-nya adalah sayur dan 1/3-nya adalah buah. Jadi, yang seperti itu tetap anjuran makannya menggunakan gizi seimbang akan membantu memberikan kondisi tubuh yang prima, bugar, dan sehat dalam beraktivitas fisik,” ujar Catur Yudha Murtopo, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Tabalong.

Baca Juga  Ponpes Kaligrafi Berdiri Di Banua Lawas

Yudha menambahkan, selain asupan gizi, masyarakat juga diminta untuk selalu menjaga kebersihan, tetap melakukan aktivitas fisik atau berolahraga, serta mencukupi cairan dalam tubuh dengan minum air putih yang cukup.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment