Home Tabalong Hari Ini Inovasi Kayuh Baimbai, Manfaatkan Sampah untuk Gratiskan Bayar PBB

Inovasi Kayuh Baimbai, Manfaatkan Sampah untuk Gratiskan Bayar PBB

by Muhammad Rais
0 comment

Melalui inovasi Kayuh Baimbai, puluhan warga Kelurahan Jangkung terbantu dalam pembayaran PBB tahun 2023. Diharapkan juga dengan inovasi tersebut mampu meningkatkan PAD yang bersumber dari PBB.

Penyerahan secara simbolis dana bantuan pembayaran PBB kepada 20 warga Kelurahan Jangkung, Kecamatan Tanjung, dilakukan usai launching inovasi Kayuh Baimbai oleh Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, pada Rabu, 22 Mei 2024, di Balai Rakyat Dandung Suchrowardi.

Bantuan yang diserahkan merupakan hasil dari inovasi Kayuh Baimbai.

Inovasi Kayuh Baimbai dibuat oleh Camat Tanjung, Wirahadikusuma, sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah yang bersumber dari PBB.

Pasalnya, penerimaan PBB Kecamatan Tanjung dalam 2 tahun terakhir hanya meningkat 5,58 persen, atau dari 52,1 persen tahun 2022 menjadi 57,68 persen tahun 2023.

Lebih lanjut, Wira memaparkan, melalui inovasi Kayuh Baimbai pihaknya bergotong royong bersama pihak kelurahan, desa, hingga masyarakat dalam mengumpulkan sampah. Lalu menjualnya ke bank sampah untuk digunakan membayarkan PBB warga yang lebih membutuhkan.

Inovasi tersebut sudah dilaksanakan 2 kali di Kelurahan Jangkung, pada bulan Mei lalu.

“Alhamdulillah dari pengumpulan sampah yang didapatkan itu kami serahkan ke bank sampah dengan diuangkan mendapatkan duit sebesar Rp 525.000. Nah, jadi dari anggaran tersebut nanti kami bayarkan, karena ini percontohannya adalah Kelurahan Jangkung jadi masyarakat yang masuk dalam kriteria yang sudah ditetapkan oleh Kelurahan Jangkung, itu kita bayarkan di kegiatan ini.” N. Wirahadikusuma, Camat Tanjung.

Selain bertujuan meningkatkan PAD dengan cara meringankan beban kewajiban masyarakat dalam membayar PBB, inovasi Kayuh Baimbai diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang bersih. Sebab, sampah-sampah yang dikumpulkan akan dipilah, kemudian diserahkan ke bank sampah.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment