Home Tabalong Hari Ini 136 Ekor Sapi Kembali Dibagikan untuk Kelompok Tani di Wilayah Utara

136 Ekor Sapi Kembali Dibagikan untuk Kelompok Tani di Wilayah Utara

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka meningkatkan populasi ternak sapi sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali menyerahkan bantuan ternak sapi kepada 13 kelompok tani di wilayah utara.

Sebanyak 136 ekor sapi betina jenis Bali diserahkan langsung oleh Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, kepada 13 kelompok tani pada Rabu, 22 Mei 2024, di Pasar Hewan Jaro.

13 kelompok tani tersebut tersebar di Kecamatan Haruai, Jaro, Bintang Ara, dan Muara Uya.

Masing-masing kelompok menerima bantuan sapi dengan jumlah bervariasi antara 5 hingga 15 ekor.

Kepala Disbunnak Kabupaten Tabalong, Soleh, menjelaskan bantuan ternak sapi diberikan khusus bagi kelompok di wilayah utara Tabalong karena wilayah tersebut dinilai memiliki hijauan pakan yang dapat memenuhi kebutuhan ternak sapi.

Ia juga menjelaskan, bantuan ini diberikan sebagai upaya pihaknya dalam meningkatkan populasi sapi di Tabalong sehingga diharapkan dapat menekan angka inflasi sekaligus meningkatkan ekonomi para peternak.

“Tujuannya yang pertama untuk meningkatkan populasi, yang kedua agar para petani itu lebih meningkat ekonominya. Dan kita ingin meningkatkan populasi harus 3 kali lipat dari pada yang ada,” kata Soleh, Kepala Disbunnak Kabupaten Tabalong.

Soleh menambahkan, pasca penyerahan ini pihaknya tidak lepas tangan dan akan rutin melakukan monitoring terhadap ternak sapi yang diserahkan. Hal tersebut dilakukan agar ternak sapi dipastikan aman dan dapat berkembang biak dengan optimal.

You Might Be Interested In
Baca Juga  Pemkab Tabalong Targetkan Angka Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 Naik Jadi 85%

Diketahui, di tahun 2024, Pemkab Tabalong melalui Disbunnak menyediakan bantuan ternak sapi total sebanyak 470 ekor. Sebelumnya, sebanyak 198 ekor sapi telah diserahkan kepada 20 kelompok tani pada awal Mei 2024 lalu.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment