Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan PAD Melalui Inovasi Kayuh Baimbai

Tingkatkan PAD Melalui Inovasi Kayuh Baimbai

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong melaunching inovasi Kayuh Baimbai yang diprakarsai Kecamatan Tanjung. Inovasi tersebut bertujuan meringankan beban kewajiban masyarakat dalam pembayaran PBB.

Launching inovasi Kayuh Baimbai dipimpin Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, pada Rabu, 22 Mei 2024, di Balai Rakyat Dandung Suchrowardi, halaman Komplek Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Inovasi Kayuh Baimbai diprakarsai Kecamatan Tanjung sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah yang bersumber dari PBB.

Hamida Munawarah dalam sambutannya mengapresiasi inovator Kayuh Baimbai, yakni Camat Tanjung, Wirahadikusuma.

Pasalnya, melalui inovasi tersebut, Pemerintah Kecamatan Tanjung dapat memberdayakan masyarakatnya untuk mengumpulkan sampah secara bergotong royong, kemudian menjualnya ke bank sampah.

Lalu hasil penjualan sampah dipergunakan untuk meringankan beban kewajiban masyarakat yang lebih membutuhkan dalam hal pembayaran PBB.

“Nanti keluarga-keluarga dan masyarakat-masyarakat kita yang kurang mampu kita akan ke sana nanti, hasil dari pengumpulan ini. Jadi kami harapkan juga inovasi ini dapat menjadi inspirasi, dan memacu semangat untuk memenuhi kebutuhan pelayanan publik kita,” ujar Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong.

Hamida juga berharap inovasi Kayuh Baimbai menjadi contoh bagi kecamatan-kecamatan lain.

Pasalnya, ia menilai upaya meningkatkan PAD seperti ini sangat penting dan diperlukan apabila nantinya dana transfer berkurang.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment