Home Tabalong Hari Ini DPC FSP KEP Harap Anggota Mampu Selesaikan Perselisihan Kerja Secara Mandiri

DPC FSP KEP Harap Anggota Mampu Selesaikan Perselisihan Kerja Secara Mandiri

by Muhammad Rais
0 comment

DPC Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan (FSP KEP) Tabalong bersama Pemkab Tabalong menggelar pelatihan dasar organisasi pada Senin, 13 Mei 2024.

Pelatihan dasar organisasi ini diikuti sekitar 25 peserta yang merupakan pengurus dan anggota DPC FSP KEP Tabalong.

Dalam pelatihan ini, para peserta diberikan berbagai materi, di antaranya regulasi ketenagakerjaan, cara pemecahan masalah ketenagakerjaan, pengadvokasian, perselisihan hubungan industrial, pengadilan hubungan industrial, hingga ke Mahkamah Agung.

Ketua DPC FSP KEP Tabalong, Syahrul, menuturkan bahwa dengan adanya pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat menyelesaikan secara mandiri segala permasalahan dunia kerja yang dinilai merugikan para pekerja.

“Suatu saat, walaupun pekerja itu berhenti bekerja di FSP KEP, dia bisa menyelesaikan perselisihannya sendiri. Yang kedua, apabila dia sudah tidak bekerja lagi di suatu perusahaan, dia bekerja di perusahaan lain, apabila tidak ada organisasi serikat pekerja di perusahaan tersebut, apabila terjadi permasalahan, dia bisa mengadvokasi dirinya sendiri. Makanya, FSP KEP ini tidak mau hanya pengurus yang pintar dan cerdas, anggota pun yang penting siap mengikuti pelatihan dan meluangkan waktu, kita siap memberikan pelatihan kepada mereka,” ujar Syahrul, Ketua DPC FSP KEP Tabalong.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi DPP FSP KEP Pusat, Ahmad Zainudin, menilai pelatihan ini sebagai modal para pekerja dalam mengatasi permasalahan di dunia kerja, salah satunya dalam menyikapi perubahan undang-undang yang tidak berpihak kepada para pekerja atau buruh.

Baca Juga  4 Hari Pasca Runtuhnya Dinding Pasar Tanjung, Aktivitas Jual Beli Mulai Normal

“Yang jelas kita terus mengembangkan SDM bagi pengurus maupun anggota supaya kita bisa berperan dalam membangun bangsa ini. Bagaimana SDM itu sangat penting, seperti yang disampaikan Bung Syahrul tadi, bagaimana ia menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ia hadapi,” ujar Ahmad Zainudin, Ketua Bidang Organisasi DPP FSP KEP Pusat.

Diketahui, pelatihan mandiri dan pelatihan dasar bagi pengurus dan anggota DPC FSP KEP Tabalong dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment