Home Tabalong Hari Ini Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting Tabalong Serahkan Bantuan

Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting Tabalong Serahkan Bantuan

by Muhammad Rais
0 comment

Bapak Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) Kabupaten Tabalong menyerahkan paket bantuan kepada anak stunting di Kabupaten Tabalong. Melalui paket bantuan tersebut, diharapkan dapat terus menurunkan prevalensi angka stunting di Kabupaten Tabalong.

Penyerahan paket bantuan secara simbolis untuk anak stunting ini dilakukan usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila sekaligus upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 tingkat Kabupaten Tabalong, pada Senin, 3 Juni 2024, di halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

Bantuan ini merupakan program dari Bapak Bunda Asuh Anak Stunting Kabupaten Tabalong yang diberikan secara simbolis oleh Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, serta Forkopimda, kepada 10 anak stunting yang ada di Kecamatan Tanjung, Tanta, dan Murung Pudak.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi, mengatakan bantuan yang diberikan berupa karbohidrat, protein hewani, dan protein nabati yang sesuai dengan kebutuhan gizi anak.

“Kita berharap dengan program ini stunting di Kabupaten Tabalong selalu menurun. Setiap tahun kita terus menurun. Kita berharap tahun 2024 ini stunting di Kabupaten Tabalong sesuai dengan target nasional yaitu berada di 14 persen. Sekarang berada di 18,1 persen. Kita mudah-mudahan berharap dengan adanya bantuan stimulan yang kita laksanakan dibantu oleh bapak bunda asuh anak stunting ini dapat menurunkan lagi angka stunting di Kabupaten Tabalong,” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Baca Juga  Bahas Soal Lahan, DPRD Fasilitasi Pertemuan Warga dengan PT Adaro

Rusmadi menambahkan, untuk saat ini ada sekitar 160 anak stunting kronis yang perlu menjadi perhatian bersama.

Sehingga dengan adanya keberadaan Bapak Bunda Asuh Anak Stunting yang melibatkan unsur pemerintah daerah, pihak swasta, dan pemangku kepentingan, diharapkan bisa bersama-sama membantu mengatasi permasalahan stunting yang terjadi.

Diketahui berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), selama 3 tahun terakhir angka prevalensi stunting di Tabalong semakin menurun, dari 28,2 persen pada tahun 2021 menjadi 19,7 persen pada tahun 2022 dan kembali turun menjadi 18,1 persen pada tahun 2023.

Di tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Tabalong menargetkan angka prevalensi stunting kembali turun hingga di bawah 14 persen.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment