Home Tabalong Hari Ini Sosialisasi Pembangunan Kantor Kecamatan Haruai

Sosialisasi Pembangunan Kantor Kecamatan Haruai

by Muhammad Rais
0 comment

Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong menggelar sosialisasi terkait rencana pemindahan Kantor Kecamatan Haruai pada Kamis, 16 Mei 2024.

Sosialisasi rencana pemindahan Kantor Kecamatan Haruai dihadiri langsung oleh Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, sejumlah pimpinan OPD, Camat Haruai, dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sosialisasi ini dibahas rencana pembangunan Kantor Kecamatan Haruai yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. Rencananya, kantor camat yang baru akan dibangun di atas lahan seluas 4,6 hektar di Desa Nawin.

PJ Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, menjelaskan bahwa pembangunan Kantor Kecamatan Haruai merupakan program prioritas. Hal ini karena kantor tersebut berada di kawasan rawan banjir.

“Lalu dari sisi prioritas dilihat mungkin karena di kantor kecamatan yang ada ini banjir, pak ai, banjir benar di sini. Lalu pada saat itu diambil lah keputusan untuk merelokasi kantor kecamatan,” ujar Hamida Munawarah.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat setempat, Bahrudin Noor, berharap rencana pembangunan kantor kecamatan kembali dievaluasi. Pasalnya, rencana lokasi kantor kecamatan yang baru dinilai tidak strategis.

“Yaitu lantai 2 supaya arsipnya tidak kebanjiran segala macam. Tapi kalau bangunannya entah bagaimana caranya itu terserah kepada pemerintah. Cuma yang penting di sinilah dibangun, nah itu. Karena di sini lingkungannya nyaman, masyarakat nyaman, kemudian kalau di sana lingkungannya tidak ada orang,” kata Bahrudin Noor.

Baca Juga  Bupati Anang Harap Lomba P2K2 Jadi Upaya Peningkatan Kualitas Keluarga

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tabalong, Wibawa Agung, menegaskan bahwa apabila pembangunan disetujui oleh mayoritas masyarakat Haruai, pihaknya sudah siap untuk mulai melakukan pembangunan pada tahun ini.

“Ya, kalau akhirnya dari masyarakatnya kesepakatannya tidak cuma mewakili yang di Halong saja, tapi desa yang lain akhirnya setuju di situ secara tertulis, kami siap mengerjakan. Karena tanahnya, lahannya sudah siap,” ujar Wibawa Agung.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Tabalong merencanakan pembangunan kantor kecamatan akan dilakukan secara bertahap yang menyasar seluruh kecamatan.

Selain untuk meningkatkan kualitas bangunan, pembangunan ini juga dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment